Pemain Baru Bayern 2011/2012


Bayern Muenchen berhasil mendatangkan beberapa pemain di summer transfer window kali ini. Siapa saja mereka dan bagaimana kiprah mereka sejauh ini di Bayern Muenchen? Berikut ulasannya:

1. Takashi Usami

Pemain muda berbakat asal Jepang ini “baru” terlibat dalam dua laga pemanasan Bayern, yaitu ketika melawan Mainz dan Barcelona di final AUDI Cup 2011. Dalam kedua pertandingan tersebut, kita bisa langsung melihat betapa memang pemain yang satu ini punya skill yang sangat baik dan berpotensi menjadi pemain andalan Bayern di masa-masa mendatang (well, setidaknya di musim 2011/2012).

Ia lihai dalam melakukan gocekan dan penetrasi ke jantung pertahanan lawan. Dan dalam pertandingan melawan Barcelona, kita bisa melihat crossing-crossingnya akurat. Hanya dalam urusan shooting, kita belum bisa melihat seberbahaya apa tendangannya. Fisiknyapun terlihat masih belum bisa optimal di sepanjang 90 menit pertandingan. Kendala lain yang harus segera ia atasi adalah persoalan bahasa. Tapi dari beberapa pemberitaan, Usami terlihat terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalahnya yang satu itu.

2. Rafinha

Bek kanan yang satu ini ditransfer dari Genoa dan sebelumnya sudah sempat bermain di Bundesliga bersama Schalke. Artinya, ia tak perlu banyak beradaptasi dengan permainan di Bundesliga serta pola hidup masyarakat Jerman.

Dalam dua laga di AUDI Cup, ia terlihat bermain cukup baik. Jika di pertandingan perdana melawan AC Milan, kita bisa melihat efektifitasnya dalam melakukan penyerangan, maka pada laga final melawan Barca, ia terlihat cukup solid dalam bertahan.

Dan seiring dengan berjalannya waktu, kita berharap dia semakin padu dengan Robben atau Usami dalam menggalang penyerangan dan pertahanan di sisi kanan Bayern Muenchen.

3. Nils Petersen

Top skor Bundesliga II musim lalu ini didatangkan untuk menjadi pelapis Mario Gomez/Olic sebagai ujung tombak Bayern. Dan selama laga pra musim, ia menunjukkan ketajamannya dengan mencetak gol hampir di seluruh laga yang ia mainkan.

Meski demikian, pada pertandingan melawan Barcelona, ketajamannya tidak terlalu nampak. Satu peluang yang ia dapatkan hasil dari crossing datar Usami gagal dimanfaatkan.

Saya pribadi berharap ia mendapat beberapa kesempatan untuk bermain di musim 2011/2012 untuk bisa meningkatkan insting mencetak golnya serta membuatnya semakin padu dengan tim.

4. Jerome Boateng

Proses transfer yang panjang dengan Manchester City akhirnya berujung manis dengan datangnya Jerome Boateng. Mungkin di antara pemain-pemain baru, tekanan kepadanya adalah yang terbesar karena semua orang tahu lini tengah pertahanan Bayern adalah titik terlemah di tim.

Oleh karenanya, fans tentu berharap banyak ia bisa membuat lini belakang Bayern menjadi solid. Dan jika saya amati pada dua laga Audi Cup, saya yakin ia memang bisa jadi salah satu solusi dalam perbaikan sistem pertahanan Bayern. Meski untuk bisa mencapai hal tersebut dengan optimal, ia perlu memastikan kondisi fisiknya bisa segera mencapai peak.

5. Manuel Neuer

Manuel Neuer

 

 

 

 

 

 

Meskipun Kraft dan Butt bermain cukup baik sepanjang musim lalu, namun kehadiran Neuer dirasakan akan lebih membuat tenang lini belakang Bayern. Tekanan mental datang dari sekelompok kecil fans Bayern yang tidak menyukai kehadirannya di Allianz Arena. Meski demikian, saya meyakini ia bisa meng-handle tekanan tersebut.

Ia merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini dan Bayern lega kembali memiliki kiper kelas dunia setelah terakhir ditemui pada diri Oliver Kahn. Dan sebagaimana peran Kahn dulu, saya yakin Neuer akan menjadi bagian penting dan integral bagi Bayern untuk meraih banyak tropi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s