Preview: Wolfsburg vs Bayern Muenchen


Ini baru laga kedua Bayern di Bundesliga tahun ini, tapi buat saya laga versus Wolfsburg merupakan laga yang sangat krusial. Karena jika sampai kembali kehilangan poin di Volkswagen Arena, selain bisa membuat Bayern semakin tertinggal dari pemuncak klasemen tapi juga dapat menyebabkan kepercayaan diri pemain drop.

Line up… Ah who cares? At least, I DON’T CARE

Ya, menurut saya siapapun yang diturunkan Jupp besok (13 Agustus 2011) tidak menjadi soal. Yang jadi soal adalah bagaimana game plan/sistem bermain Bayern. Dan sorotan utama saya adalah dalam hal penyerangan. Bayern tak cukup hanya sekedar mendominasi ball possession. Bayern perlu mencetak gol, banyak gol.

Sederhananya, copy saja gaya permainan Jerman kala menghadapi Brazil. Ehm, tapi jangan copy gaya permainan di babak pertama, melainkan yang ditunjukkan di babak kedua. Bedanya apa? Dari segi penguasaan bola dan cara mendikte permainan sebenarnya sama, tapi penetrasi ke jantung pertahanan lawanlah yang memberi perubahan signifikan.

Para pemain harus lebih banyak berlari (dengan atau tanpa bola-membuka ruang pertahanan lawan), men-dribble bola dan mencoba melewati satu atau dua pemain (atau paling minim menarik perhatian dua pemain bertahan lawan sehingga temannya bisa punya cukup space). Jangan cuma sekedar passing dari sayap kiri ke tengah, lalu ke kanan dan balik lagi, berulang-ulang, sampai lupa mereka harus menendang bola ke gawang lawan!

Even kalo mereka gagal melewati pemain lawan, setidaknya mereka punya kemungkinan dilanggar dan mendapatkan set piece. And Kroos did that to force Lucio to foul him in the penalty box.

Intinya, jika Bayern bisa menciptakan lebih banyak peluang, saya meyakini Bayern akan memenangi laga ini dengan selisih 2 gol.

Wolfsburg

Surprisingly, Wolfsburg saat ini berada di puncak klasemen Bundesliga bersama Vfb Suttgart setelah meraih kemenangan di laga perdana atas Koln, 3-0. Tim yang masih berada di bawah asuhan Felix Magath ini punya skuad yang lumayan kuat. Beberapa pemain baru didatangkan untuk memperkuat klub musim 2011/12 seperti Trasch, Marco Russ, Patrick Ochs dan tentu saja Hasan Salihadmizic a.k.a brazzo.

Good old days with Bayern

Buat teman2 yang baru beberapa tahun belakangan menjadi fans Bayern, mungkin belum tahu kalau Salihadmizic pernah 9 tahun bermain bersama Bayern Muenchen sebelum hengkang ke Juventus. Saya termasuk fans yang beruntung pernah menyaksikan penampilannya bersama Bayern Muenchen. Dia tipikal pemain yang selalu tampil habis-habisan. Ya, kalau di skuad Bayern sekarang mirip Ivica Olic lah.

Dalam interview yang dimuat di website resmi Wolfsburg, Brazzo mengatakan bahwa pertandingan melawan Bayern merupakan sesuatu yang istimewa. Ia sendiri mengakui bahwa kenangan bersama Bayern sangat indah, apalagi ia menjadi salah satu bagian dari tim yang memenangi liga Champion di tahun 2001.

Dari sisi permainan, Magath sendiri mengharapkan agar para pemainnya besok tidak sekedar bereaksi terhadap permainan Bayern, tapi menampilkan permainan mereka sendiri. Sebuah pernyataan yang mengindikasikan keinginannya untuk bermain menyerang. Meski menurut saya, Wolfsburg tak akan bisa begitu leluasa menyerang karena lini tengah saya yakini akan tetap dikuasai Bastian and co.

Sekian dulu, friends. Kalau punya opini, silahkan tinggalkan komentar.

Enjoy your weekend…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s