Preview Bayern Muenchen vs Villarreal


Laga perdana Bayern di fase grup Liga Champions akan dimulai dengan bertandang ke markas klub asal Spanyol, Villarreal. Setiap laga di fase grup memerlukan konsentrasi yang tinggi dari semua pemain, tak terkecuali laga kontra Villarreal. Tapi siapakah sesungguhnya yang menjadi kunci utama Bayern untuk meraih setidaknya satu poin dari laga pembuka ini? Menurut saya, jawabannya adalah:

Jupp Heynckes

Jupp Heynckes

Pelatih Bayern ini sudah sangat mengenal tim-tim Spanyol beserta gaya bermain mereka. Ia pernah melatih tiga klub asal Spanyol: Athletic Bilbao, Tenerife dan Real Madrid. Prestasinya bersama klub-klub tersebut juga bisa dibilang cukup bagus dan mencapai puncaknya ketika ia berhasil membawa Real Madrid menjuarai liga Champions tahun 1998 setelah mengalahkan Juventus 1-0. Jupp baru meninggalkan Spanyol dan kembali ke Jerman pada tahun 2003.

Secara khusus, Jupp musim lalu pernah bertemu dengan Villareal di babak perdelapan final Europa League. Timnya, Leverkusen harus takluk secara agregat 5-3. Dan kalau mau melihat statistik masa lalu, rekor pertemuan tim asuhan Jupp dengan Villarreal cukup buruk. Dari 6 kali bertemu dengan Villareal, ia hanya bisa meraih dua kali seri dan sisanya kalah, tanpa pernah menang sekalipun. Well, there will always be first time for everything🙂 So, kita harapkan Jupp bisa meraih kemenangan perdananya melawan Villarreal bersama FC Bayern Muenchen.

Villarreal

Kini kita bedah sedikit kekuatan calon lawan Bayern: Villarreal. Jika melihat dua hasil awal mereka di liga Spanyol, orang bisa saja dengan enteng berkata: Ah, Villarreal bukan tim yang terlalu kuat. Mereka takluk 5-0 dari Barca dan hanya bisa seri di kandang sendiri melawan Sevilla. Tapi sepertinya, kita tidak bisa men-judge Villarreal sebagai tim “biasa-biasa saja” hanya dari dua laga perdana mereka di La Liga.

Karena bagaimanapun juga, skuad Villarreal diisi oleh pemain-pemain yang cukup tangguh seperti Cani, Senna, Nilmar dan Rossi. Meski demikian, tim inti Villarreal sepertinya belum fix. Pelatih Juan Carlos Garrido masih terlihat melakukan bongkar pasang pemain khususnya di lini tengah dan depan. Selain itu, jika melongok tujuh tahun ke belakang, pencapaian Villarreal di La Liga cukup konsisten dan selalu masuk 7 besar. Tentu hal ini memberi tambahan bukti kalau mereka bukan tim lemah.

Memang sih, kalau mengamati dua laga awal mereka di La Liga, lini pertahanan Villarreal merupakan titik terlemah dalam tim tersebut. Lebih khusus lagi, di bagian tengah pertahanan mereka, sepertinya tidak cukup solid dan “gampang” ditembus. Garrido pasti menyadari hal ini dan tentu akan berupaya keras membuat lini pertahanan Villarreal menjadi lebih kuat.

Melanjutkan Momentum

FC Bayern sendiri sedang dalam performa yang menanjak, baik dari segi penyerangan maupun pertahanan. Empat laga ke depan akan menjadi ujian besar untuk melihat apakah performa bagus Muenchen ini memang konsisten. Yang jelas, Rummenigge sudah mengingatkan para pemain untuk tidak terbuai dengan rentetan hasil fantastis akhir-akhir ini.

Saya pribadi yakin skuad yang ada sekarang (minus Robben yang masih cedera), mampu mengatasi tantangan dari the yellow submarine. Saya rasa Jupp akan mempertahankan tim yang turun dalam laga melawan Freiburg:

Line up versi Bram

Prediksi

Saya percaya Bayern akan lebih menguasai jalannya pertandingan, meski mungkin tidak akan seleluasa seperti ketika bertemu Freiburg. Dan sejauh Ribery, Mueller, Kroos dan Gomez bermain maksimal, Bayern akan menang dengan skor 2-1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s