Michael Tarnat, Bek Kiri dan Kiper (when needed)


Sebelum menulis tentang preview Schalke vs Bayern, saya pengen sharing dulu tentang salah satu eks bek kiri Munchen di periode akhir 90-an sampai awal dekade 2000. Sebagian dari kita pasti mengira pemain yang akan saya tulis ini adalah Bixente Lizarazu. Tapi faktanya, saya mau menulis tentang Michael Tarnat. Namun tentu saja, suatu saat nanti saya ingin menulis tentang Lizarazu, karena dia juga pemain legendaris Bayern dan saya mengidolakannya.

Michael Tarnat

Tarnat bergabung dengan Bayern Muenchen pada tahun 1997. Selama bermain di FC Bayern, ia merasakan beberapa kesempatan meraih gelar juara, baik di Bundesliga maupun Liga Champions. Ia bermain 108 kali bersama Bayern dan menyumbangkan 8 gol sebelum akhirnya pindah ke Manchester City. Selain itu, Tarnat juga sempat membela timnas Jerman pada 19 kali kesempatan.

Ia mengakhiri karir sebagai pemain sepakbola bersama klub Hannover 96 dan kemudian direkrut FC Bayern Muenchen menjadi Scout sejak 2009 dan kontraknya akan berakhir pada tahun 2013.

Momen Unik Michael Tarnat

Momen unik Tarnat bersama Bayern terjadi pada laga away menghadapi Eintracht Frankfurt (September 1999). Pada pertandingan tersebut, Tarnat harus menjadi kiper FC Bayern di pertengahan babak kedua, setelah dua kiper Bayern saat itu, Kahn dan Dreher mengalami cedera.

Kahn cedera dan sempat tak sadarkan diri ketika bertabrakan dengan Samuel Kuffour dan pemain pengganti Bernd Dreher juga mengalami cedera pada lututnya, kurang dari sepuluh menit setelah masuk lapangan.

Pada saat itu, Bayern sedang tertinggal 0-1 dari tim tamu. Dan mungkin saja para punggawa Frankfurt pada waktu itu berpikir bahwa dengan masuknya Tarnat sebagai kiper akan memudahkan mereka menjebol lagi gawang Bayern Muenchen. Namun kenyataannya, Tarnat berhasil meraih clean sheet🙂

Dan hebatnya, Bayern akhirnya memenangkan laga setelah Elber dan Kuffour masing-masing mencetak gol untuk membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Berikut ini videonya:

Dan ini beberapa komentar mengenai kejadian unik tersebut:

“I’d never seen two goalkeepers injured in one game in my entire career,” said Bayern coach Ottmar Hitzfeld.

“It was unique,” said Uli Hoeness. “This match will stay in Bundesliga history.”

One thought on “Michael Tarnat, Bek Kiri dan Kiper (when needed)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s