Preview Bayern vs City


Ini adalah kesempatan bagi FC Bayern untuk menjauh dari rival-rivalnya di Grup A Liga Champions. Mampukah mereka melewati tantangan Manchester City?

City, si anak baru

Banyak yang berkata bahwa pengalaman merupakan salah satu kunci agar sebuah klub dapat sukses di ajang Liga Champion. Saya sepaham dengan hal itu. Meskipun harus juga diingat bahwa semua klub yang sudah “berpengalaman” di Liga Champion pasti pernah merasakan menjadi newbie di kompetisi ini.

Dan kesempatan menjejakkan langkah di liga champion tentu tidak akan disia-siakan begitu saja oleh Manchester City. Terlepas dari cara instan yang mereka tempuh untuk membangun kekuatan klub, setidaknya hasilnya mulai terlihat di musim ini. Mereka langsung berada di peringkat kedua liga inggris dengan performa yang cukup stabil.

Kekuatan pemain mereka cukup merata (bahkan kelebihan stok) di semua lini, khususnya di lini depan. Aguero, Dzeko, Balotelli dan Teves adalah nama-nama yang menakutkan buat para defenders lawan.

Meski demikian, lini tengah dan belakang mereka menurut saya belum bisa dikatakan benar-benar reliable, khususnya dalam laga away. Tiga pertandingan tandang mereka di liga inggris musim ini (meski belum pernah kalah) tapi sudah kebobolan 5 kali.

Saya tentu tidak bisa menebak dengan pasti pola apa yang akan digunakan Mancini dalam laga melawan Bayern. Tapi biasanya, ia memulai pertandingan dengan 1 kiper (ya iyalah :p), 4 defenders, 4 midfielders dan 2 strikers. Meski dalam penerjemahan taktik di lapangan, tak selamanya komposisi pemain tersebut selalu 4-4-2. Mereka cukup fleksibel untuk memainkan berbagai pola dengan komposisi pemain seperti itu.

Meneruskan momentum

Semoga Neuer tidak "mabuk" lagi sebelum pertandingan😀

Bayern benar-benar sedang dalam performa yang meningkat. Kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Keseimbangan penyerangan dan pertahanan ini muncul sebagai kekuatan utama Bayern musim ini. Rotasi pemain yang dilakukan Jupp juga menghasilkan dampak yang positif bagi seluruh pemain.

Meski demikian, saya agak khawatir kalau Van Buyten yang diberi kesempatan menjadi starter di posisi CB, karena kecepatannya pasti jauh ketinggalan dari para striker City. Dan kemungkinan ia bermain sejak awal cukup besar karena Badstuber dikabarkan mengalami flu (semoga ini hanya rumor yang dibesar-besarkan media). Well, kalau memang benar demikian, Gustavo atau Tymo perlu bekerja ekstra keras dalam memutus rantai serangan City sejak di tengah lapangan.

Pemilihan starter Bayern yang paling menarik mungkin ada di lini sayap dan depan. Apakah Robben sudah siap menjadi starter? Sepertinya belum. Tapi jelas, Robben akan sangat bermanfaat untuk mengobrak abrik pertahanan City di babak kedua (sejauh diperlukan). Sedangkan Gomez, saya pikir sudah siap untuk dimainkan selama 90 menit. Komposisi Mueller, Kroos dan Ribery paling sempurna saat ini untuk menopang striker Bayern. Ketiganya memainkan peran sangat baik dalam menciptakan peluang dan bahkan mencetak gol.

Prediksi

Saya meyakini Bayern bisa kembali menguasai jalannya pertandingan sebagaimana pertandingan-pertandingan sebelumnya. Dan berharap mereka bisa memanfaatkan peluang-peluang yang dimiliki untuk menjebol gawang Hart. Meski City tentu akan tampil habis-habisan untuk setidaknya meraih 1 poin (bahkan Mancini dan beberapa pemain sesumbar akan menang di Allianz Arena) demi menjaga peluang mereka lolos ke babak knock out. But at the end, prediksi skor akhir menurut saya: Bayern 2 – 1 City.

Tambahan info: pertandingan ini akan disiarkan secara live oleh RCTI pada hari Rabu dinihari mulai jam 01.30. Jangan sampai ga nonton ya, friends…

2 thoughts on “Preview Bayern vs City

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s