Kontribusi Pemain Bayern Dalam Pencapaian Rekor Jerman


10 kali kemenangan dari 10 pertandingan kualifikasi piala Eropa merupakan sebuah hasil yang fantastis. Lebih dari itu, raihan sapu bersih seluruh poin yang tersedia dalam “kompetisi” tersebut merupakan rekor baru bagi Jerman.

Ya, sejauh yang saya ingat (tanpa mengandalkan statistik apapun), Jerman biasanya terseok-seok di babak kualifikasi, entah itu di piala eropa atau dunia. Namun, ketika kompetisi sesungguhnya dimulai, Jerman menjadi tim yang tampil bagus dan menjadi kekuatan yang sangat ditakuti.

Semoga kali ini tidak kebalikannya. Sempurna di kualifikasi, tapi terseok-seok di piala eropa. Sekali lagi, semoga tidak.

Gomez merayakan golnya

Kontribusi Bayern

Jika seluruh kontingen Bavaria diturunkan, maka timnas Jerman hampir 90% diisi oleh pemain Bayern. Tapi kontribusi sesungguhnya bukan sekedar soal kuantitas. Tapi kualitas dari kehadiran mereka.

Dari segi jumlah gol yang dihasilkan, adalah Klose (ex-Bayern) dan Gomez yang menjadi pencetak gol terbanyak di babak kualifikasi. Klose mencetak 9 gol dan Gomez mencetak 6 gol dari 6 kali penampilan. Selain berperan dalam mencetak gol, Gomez juga yang tertinggi di tim Jerman dalam hal melakukan tendangan ke arah gawang (14 kali).

Permainan Kroos di timnas juga terbilang sangat baik. Pergerakannya yang efektif memancing lawan untuk melanggarnya sebanyak 18 kali dari 559 menit keberadaannya di atas lapangan selama babak kualifikasi.

Untuk urusan assist, rajanya memang bukan dari Bayern, tapi pemain dari Real Madrid, Mesut Ozil. Namun, di urutan kedua, nama Mueller muncul dengan 5 assists, selisih 2 saja dengan Ozil. Peran Mueller lainnya yang menurut saya juga berharga adalah pergerakannya di dalam kotak pinalti lawan. Setidaknya dua kali dia berhasil mendapatkan tendangan pinalti bagi Jerman karena lawan terpaksa harus menjatuhkannya untuk menghentikan pergerakannya.

Dalam hal bertahan, kehadiran Lahm, Boateng dan Neuer memampukan Jerman untuk kebobolan hanya 7 kali dalam 10 laga. Meskipun ini bukanlah statistik defensive terbaik jika dibandingkan dengan kontestan-kontestan lain di babak kualifikasi ini, seperti Rusia, Perancis dan tentu saja Italia, tim spesialis bertahan. Untuk urusan bertahan, sepertinya Loew “perlu” berguru pada Jupp.

Kembali Ke Bundesliga

Tugas pemain Bayern di timnas Jerman pada babak kualifikasi piala Eropa telah selesai. Saatnya kembali fokus pada Bundesliga dan Liga Champions. Nantikan preview Bayern vs Hertha dalam waktu beberapa hari ke depan di website ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s