Napoli 1 vs 1 FC Bayern


Sebuah laga yang didominasi Bayern, meski sayang hasil akhir tak berujung pada tambahan 3 poin bagi tamu asal Munich.

Serba Lima

Dengan lima kali kesempatan menembak ke gawang lawan, lima kali tendangan melebar serta lima kali tendangan penjuru, Bayern hanya mampu menghasilkan sebiji gol lewat kaki Toni Kroos di menit kedua. Napoli sendiri sama sekali tak punya peluang lewat tembakan ke arah gawang dan hanya “bergantung” pada Badstuber untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Yang disayangkan adalah lima kartu kuning yang didapat oleh para pemain Bayern: Badstuber, Schweini, Ribery, Müller dan Kroos. Sepertinya wasit yang memimpin pertandingan memang gampang sekali memberi kartu kuning dan hal ini sebenarnya tak bagus untuk sebuah pertandingan sepak bola.

Perilaku Minus Fans Napoli

Menjelang pertandingan digelar, dua fans Bayern mengalami penikaman oleh pihak yang diduga adalah pendukung garis keras Napoli. Selain itu, gencar dikabarkan juga bahwa sesaat sebelum menendang pinalti, laser diarahkan ke Mario Gomez untuk memecah konsentrasinya. Benar-benar perilaku yang tidak menyenangkan dari para pendukung tim tuan rumah. Apakah fans ultras Bayern akan membalas mereka dua minggu yang akan datang? Semoga sih tidak, but who knows?

Tak heran fansnya kampungan, pemainnya juga norak!! #Gokhan Inler ketika diperkenalkan sebagai pemain baru Napoli

Who’s going to take the next penalty kick?

“I was actually planning to aim low to the right,” Gomez later revealed, “but I changed my mind at the last second, and it almost backfired.” Komentar Gomez tentang tendangan pinaltinya ketika melawan Hertha Berlin

“I have to apologise to the team for missing the penalty. My idea was to aim for the centre of the goal – but somehow I sent it low and to the right. You should always stick with the first thing you think of.” Komentar Gomez tentang tendangan pinaltinya ketika melawan Napoli.

Saya mencetak tebal pernyataan Gomez tentang bagaimana seharusnya (salah satu) sikap seorang penendang pinalti. Stick to the first plan he has in mind!! Well, he knew it but he blew it. Dan “penyimpangan” terhadap prinsip tersebut ia lakukan dalam dua kali kesempatan beruntun melakukan tendangan pinalti. Beruntung, ketika melawan Hertha, bola masih berhasil masuk ke dalam gawang.

Beruntung? Ya, menurut saya beruntung karena kualitas tendangan pinalti Gomez tidak terlalu baik. Begitu yang amati pada tiga kesempatan. Pinalti pertama adalah ketika melawan Braunschweig di laga perdana DFB Pokal. Tendangannya memang mengecoh kiper lawan namun tak cukup akurat untuk menembus pojok kiri gawang. Seandainya kiper melompat ke arah yang tepat, niscaya kiper bisa dengan mudah menggagalkan pinaltinya.

Yang kedua ketika melawan Hertha. Akurasi tendangan yang sepertinya mau diarahkan ke pojok juga tidak terlalu baik. Beruntung, Kraft, meski sempat menepis, tak bisa menahan laju bola ke dalam gawang.

Dan yang terakhir waktu melawan Napoli. Teman-teman bisa lihat sendiri seperti apa tendangan pinalti Gomez yang dengan mudahnya ditangkap Morgan De Sanctis.

Satu hal lain yang saya cermati dari pinalti Mario adalah polanya yang cenderung sama. Tendangannya selalu mendatar ke arah yang masih dalam jangkauan kiper jika melompat ke arah yang sesuai.

So, I think Jupp should evaluate his choice on penalty shooter. Maybe, the next penalty taker should be given to other player while Gomez practice more on his penalty shooting skill.

Yang jelas, meski hanya meraih satu poin, Bayern tetap kokoh di puncak klasemen dan kita berharap satu kemenangan lagi akan memastikan Bayern lolos ke fase berikutnya. Lagipula, jangan lupakan sisi positif lainnya: Hanya pemain Bayern yang bisa menjebol gawang Bayern :p

Meanwhile, dua wakil bundesliga lainnya meraih hasil yang bertolak belakang. Jika Leverkusen berhasil mempertahankan posisi runner up grup E dengan meraih kemenangan atas valencia, Dortmund malah terhempas di dasar klasemen grup F.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s