10 points dan lolos


Kata orang, berdasarkan pengalaman juga sih, 10 poin adalah poin standar jika sebuah klub ingin lolos dari fase grup Liga Champions. Dan jika standar itu mau kita gunakan juga dalam musim ini, maka Bayern hanya tinggal meraih 3 poin lagi untuk mencapai angka 10. Dan 3 poin bisa diraih dalam satu pertandingan saja !! Mari meraihnya pada laga kontra Napoli.

Full team ?

Satu-satunya kekhawatiran adalah belum bisa bermainnya Bastian pada pertandingan lusa. Saya sendiri meyakini Basti bisa turun sejak awal. Namun andaikata benar Schweini tidak bisa turun, saya rasa orang yang tepat menggantikan posisinya adalah Toni Kroos. Ia pemain yang sedang meningkat permainannya dan juga bisa dibilang paling punya visi bermain jika dibandingkan dengan tymo atau gustavo. Jika Kroos menggantikan Basti, maka Müller akan mengisi posnya dan kemungkinan besar Alaba bermain di sayap kanan. But really, I hope Basti can play. He’s the boss of our midfield. We need him on matches like these.

Di lini belakang, Boateng seharusnya bisa lebih fit karena punya waktu recovery yang cukup panjang. Badstuber harusnya juga punya motivasi yang lebih tinggi melawan tim yang sudah “memaksanya” melakukan gol bunuh diri.

Tapi bicara motivasi, selain keinginan untuk segera lolos dari fase grup, semestinya kasus penusukan terhadap 2 fans Bayern di Naples bisa menjadi pemicu semangat anak-anak asuhan Jupp juga.

Napoli, tim labil

Kekalahan melawan Catania adalah kekalahan ketiga Napoli dari 9 laga Serie-A. Performa mereka tak stabil, kadang bagus, kadang jelek. Namun, spirit ofensif mereka patut diacungi jempol. Beberapa kemenangan tandang fantastis mereka torehkan musim ini berkat permainan ofensif yang mereka tunjukkan, baik di kandang, maupun saat bertandang.

Meski demikian, bayern sendiri musim ini sangat baik dalam ball possession, sehingga Napoli sepertinya harus mengandalkan serangan balik untuk bisa membongkar pertahanan Bayern. Sejauh tidak ada faktor-faktor seperti pinalti atau gol bunuh diri, sepertinya Napoli akan sulit mencetak gol ke gawang Bayern.

Dalam latihan terakhir sebelum terbang ke Munich, menu latihan para pemain Napoli adalah latihan teknik dan taktik serta pertandingan singkat di lapangan besar dengan gawang kecil. We’ll see if this training work on real battle against the bavarian team.

Satu faktor lain yang mungkin bisa memecah konsentrasi Napoli adalah laga lanjutan Serie A yang harus mereka lakoni yaitu menjamu pimpinan klasemen sementara, Juventus. Bagaimanapun, pelatih perlu memikirkan rotasi pemain dalam minggu-minggu penuh dengan jadwal padat dan lawan kelas berat pula.

Prediksi

Entah di level timnas atau di level klub, Jerman sering mengalami kesulitan melawan tim-tim Italia. Pertandingan pasti berjalan seru. Dari 11 laga Champions League terakhir, Bayern menang 8 kali, seri 2 kali, kalah 1 kali. Dan tiga pertandingan yang berakhir tanpa kemenangan Bayern tersebut adalah laga-laga melawan tim asal Italia (2-3 vs Roma-November 2010, 2-3 vs Inter di babak 16 besar musim lalu, dan terakhir 1-1 draw di kandang Napoli).

Secara khusus, Bayern belum pernah menang melawan Napoli. But there’s always the first time for everything and this is the time for Bayern to beat the Naples’ guys by 2-0. Lagipula, dari delapan kali Napoli bermain di tanah Jerman, belum sekalipun mereka meraih kemenangan.

Begitulah prediksi saya, bagaimana menurut teman-teman? You may leave your comments below.

One thought on “10 points dan lolos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s