Bayern vs Dortmund


Dua hal yang membuat saya upset hari ini. Pertama, karena koneksi internet tidak available hingga beberapa minggu ke depan, menyebabkan saya tidak bisa menonton live setiap pertandingan Bayern Muenchen. Yang kedua, dan yang lebih parah adalah mengetahui bahwa hasil akhir Bayern vs Dortmund adalah 1-0 untuk kemenangan tim tamu.

Memang FC Bayern masih memimpin klasemen Bundesliga dengan selisih dua poin dari Dortmund, tetapi bisa saja, posisi puncak ini diambil alih kapanpun oleh Dortmund dan Gladbach.

Strategi Pelatih

Saya bukan pelatih sepak bola professional, tapi sebagai fans, boleh dong saya memberi pendapat tentang strategi yang digunakan Jupp di setiap laga :p

Saya senang Robben main lagi, tapi langsung sebagai starter? Jujur saja, ini di luar perkiraan saya. Setelah berbulan-bulan tak bermain bersama tim, bagaimanapun, Robben tentu perlu beradaptasi lagi. Dan bayangan saya, ia baru akan dimainkan Jupp di babak kedua, entah untuk memecah kebuntuan atau meningkatkan daya gedor ke gawang lawan. Tapi Jupp memutuskan untuk memainkannya sejak awal. Well….

Dalam hal pergantian pemain, saya merasa apa yang dilakukan Jupp sudah baik, namun memang ternyata tidak cukup untuk menghasilkan setidaknya sebiji gol penyama kedudukan.

Sedangkan Klopp sendiri dituding menggunakan taktik negatif dengan memarkir banyak pemain untuk bertahan dan mengandalkan serangan balik. Ya mau bilang apa, saya pikir strategi seperti itu akan cukup banyak digunakan oleh tim yang secara kualitas berada di bawah tim lawannya. Apalagi posisi Dormund kemarin adalah tamu. We can’t complain such strategy used by our opponent😦

Juara Paruh Musim (?)

Meski tidak perlu juga menjadi terlalu panik dengan kekalahan tadi malam, namun saya rasa Jupp, untuk saat ini perlu lebih fokus ke Bundesliga ketimbang Liga Champion atau DFB Pokal. Empat laga sisa di paruh pertama musim ini perlu dipastikan memberi tambahan nilai maksimal bagi Bayern. Lengah di satu laga saja, bisa berarti puncak klasemen direbut oleh Dortmund atau Gladbach.

Just to inform you, empat laga sisa Bayern adalah melawan:  Mainz (A) – Bremen (H) – Stuttgart (A) – Koln (H).

Konsentrasi Pertahanan Selama 90 Menit

Dalam beberapa postingan sebelumnya, saya sudah sempat sampaikan bahwa, Bayern umumnya kebobolan di babak kedua. Ini kembali terulang ketika Gotze berhasil menjebol gawang Manu di menit 64 setelah Boateng tampak linglung melihat dimana posisi bola.

Sebuah gol yang menggambarkan kurangnya konsentrasi pertahanan Bayern. Rafinha, Badstuber, Lahm, Boateng dan Gustavo tak mampu menutup gerakan tanpa bola para pemain Dormund, khususnya Gotze dan tak cukup sigap untuk memblok umpan/tendangan pemain lawan.

But life goes on… Mari kita hancurkan Villareal untuk bisa kembali memompa confidence para pemain. Dan semoga Robben di partai berikutnya sudah bisa lebih melebur lagi dengan permainan tim.

cheers

Leave a Reply

