Why oh Why


Bayern kalah dari Mainz 3-2. Hal ini membuat Bayern terlempar dari puncak klasemen. Bayern berada di posisi ke-3 Bundesliga untuk sementara. Dengan tiga laga tersisa jelang paruh musim, Bayern sebenarnya masih punya kans kembali memuncaki klasemen kalau…………

1. Ada Perbaikan dalam Bertahan

Saya yakin kalau Jupp sudah notice dua hal yang sering menjadi problem Bayern dalam bertahan musim ini:

1. Kebobolan di menit 50 ke atas. Mayoritas gol lawan ke gawang Bayern terjadi pada periode ini. Lack of concentration sepertinya menjadi challenge tersendiri dalam hal bertahan bagi skuad Bayern.

2. Bertahan pada saat set piece. Kali ini, 1 dari 3 gol lawan dihasilkan dari set piece. Again, with all big bodies in Bayern squad, can we at least win battle in the air?

Satu masalah tambahan yang saya lihat mulai muncul pasca cederanya Basti adalah pertahanan kolektif yang biasa diperagakan tim mulai pudar. Lawan begitu leluasa menguasai bola di daerah pertahanan Bayern. Tiga hal ini menjadi titik lemah pertahanan Bayern, menurut saya.

2. Kroos menempati posisi Basti

Permainan Kroos sangat sentral bagi Bayern musim ini. Tadi malampun ia kembali menunjukkannya lewat dua assistnya kepada our striker (I mean defender): Daniel Van Buyten. Saya sepakat bahwa di tim Bayern saat ini, ia lebih nyaman bermain di belakang Mario Gomez. Tapi tidakkah Jupp melihat bahwa-terlepas dari talentanya yang besar-Alaba belum siap bermain menggantikan peran Basti, apalagi kalau sebagai starter. He’s not ready yet. Kalaupun harus melakukan rotasi, lebih baik Alaba di mainkan di sayap kanan atau kiri.

Tadi malam, ia menjadi pemain dengan daya jelajah yang paling tinggi di antara pemain Bayern lainnya, namun itu tidak cukup untuk memastikan bangunan serangan yang efektif bagi Bayern. So, please Jupp, let the kid sit on bench for now and let Kroos fill in Bastian’s position.

Tidak ada toleransi lagi bagi Bayern. Mereka harus memenangi pertandingan selanjutnya melalui Werder Bremen. But we all know, it won’t be easy…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s