Preview: Manchester City vs Bayern Muenchen


“We’re elite sportsmen and we want to win every match,” Lahm said. Begitu kata Lahm dan sebagai penikmat olah raga, khususnya sepak bola, saya mendukung pernyataan sang kapten. Pertanyaannya: dalam konteks pertandingan melawan City besok, bagaimana hal itu dapat dicapai?

Kondisi Tim

Bastian jelas tidak ikut ke Manchester karena masih cedera. Breno juga demikian. Tambahan informasi terkini adalah Robben dan Kroos juga tidak ikut dalam skuad karena sedang flu.

Selain itu, setidaknya ada tiga faktor lain yang bisa mempengaruhi permainan Bayern ketika menghadapi tuan rumah, Manchester City:

1. Bayern sudah lolos ke babak 16 besar, bahkan sudah fix juga sebagai juara grup

2. Akhir pekan ini, Bayern akan bertandang ke Stuttgart untuk berjuang mempertahankan posisi puncak Bundesliga yang bisa disalip Dortmund atau Gladbach manakala Bayern terpeleset di laga ke 16 Bundesliga tersebut.

3. City perlu kemenangan di laga kali ini. Sehingga harus diasumsikan mereka akan bermain menyerang sejak awal. Oleh karenanya, kesolidan pertahanan mungkin menjadi kunci utama Bayern dalam pertandingan besok. Meskipun Gareth Barry mewanti-wanti juga timnya: “We will have our game-plan but Bayern are a very good counter-attacking side so if we are too gung-ho, they are a team who could punish us.” Saya sepakat dengan Barry. Tekanan mungkin akan dilakukan bertubi-tubi oleh City, namun serangan balik Bayern musim ini tergolong efektif. Bukti terakhirnya adalah ketika Ribery mencetak gol hasil build up lay yang dilakukan oleh Alaba dalam sebuah serangan balik yang cepat ketika menjamu Bremen.

Seluruh pemaparan di atas membuat saya berpikir bahwa skuad yang mungkin akan diturunkan Jupp adalah sebagai berikut:

Neuer – Contento – Badstuber – Boateng – Rafinha – Olic – Alaba – Tymo – Ribery – Mueller – Gomez

Dengan skuad tersebut, saya rasa masih terdapat keseimbangan dalam tim. Meski “ditinggalkan” sejumlah pemain inti, namun beberapa pemain yang selama ini cenderung merupakan back up players diyakini bisa memberi kontribusi optimal.

Namun demikian, di beberapa titik, khususnya lini tengah pertahanan, saya agak ragu dengan kesolidannya jika DvB yang bermain sejak awal. Hal lain yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana Bayern bisa berupaya meraih gol cepat atau minimal membuat gol di babak pertama. Dengan adanya gol, saya berharap Jupp bisa agak lebih cepat mengistirahatkan sejumlah pemain pilar seperti Gomez, Mueller, Ribery dan Badstuber/Boateng. Karena bagaimanapun, dari sisi urgensi, pertandingan lawan Stuttgart lebih krusial buat Bayern ketimbang melawan City. Meski, kita juga tidak ingin Bayern sampai kalah dari City.

Terakhir, analisa dari sisi data (for those who like statistic :p) menunjukkan bahwa di Liga Champions musim ini kedua tim ini relatif seimbang misalnya dari sisi attempts off target, yellow cards, ball possessions dan corners. So, expect a close match tomorrow, guys😀 A draw would be a fair result… maybe…

Anyway, pertandingan akan disiarkan rcti pada Kamis dini hari jam 02.30. Semoga Bayern tetap meraih hasil positif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s