City 2 – 0 Bayern Muenchen – Sedikit Ulasan


The Game

Saya sudah memperkirakan bahwa Bayern akan turun dengan mayoritas pemain pelapis, namun pilihan starter Jupp melebihi apa yang saya bayangkan :D

Butt – Rafinha – Boateng – Badstuber – Contento – Tymo – Luiz – Alaba – Pranjic – Olic – Petersen

Dengan skuad seperti ini, jelas Bayern kesulitan mendominasi permainan. Jangankan mendominasi, menahan bola saja agak susah. Meski demikian, buat saya skuad pilihan Jupp masuk akal, mengingat kondisi pemain inti sebagian memang sedang flu, tapi juga saya rasa Jupp lebih fokus untuk pertandingan melawan Stuttgart akhir pekan ini. Tapi toh, City tak juga tampil terlalu gemilang menurut saya. Serangan mereka di dua puluh menit awal terkesan stuck. Begitu juga setelah mereka tahu bahwa Napoli sudah leading 1-0 bahkan kemudian 2-0 atas Villarreal, permainan mereka benar-benar drop.

Jika biasanya saya agak kesal kalau Jupp terlambat melakukan pergantian pemain, kali ini saya sepakat dengan keputusan Jupp untuk tidak buru-buru mengganti pemain. Memang setelah kedudukan 2-0, Ribery dan Gomez terlihat diinstruksikan untuk melakukan pemanasan, namun Jupp tidak serta merta memasukkan mereka. Gol Napoli saya yakini semakin membuat Jupp merasa tak perlu memasukkan lagi pemain inti. Ia justru memasukkan Usami di menit ke 81 untuk memberi pengalaman tanding baginya di level tertinggi kompetisi antar klub di Eropa.

By the way, dari seluruh pemain pelapis yang main dini hari tadi, saya merasa tidak ada yang tampil terlalu menonjol, meski juga tidak buruk. Namun dari sisi keterlibatan dalam permainan, Petersen sepertinya tidak punya banyak kesempatan untuk involved. Jarang sekali supply bola sampai ke kakinya.

Lawan Berikutnya?

Beberapa waktu lalu, kami sudah sempat posting tentang kemungkinan lawan Bayern di babak 16 besar. Kali ini pilihannya semakin spesifik. Mereka adalah:

1. CSKA Moskow

2. Basel

3. Lyon

4. Marseille

5. Zenit

6. AC Milan

Nantikan drawingnya tanggal 16 Desember 2011!!!

Lack of Depth

Hingga tulisan ini dibuat, Bayern masih akan berlaga di tiga kompetisi: Bundesliga, DFB Pokal dan Champions League. Jika mengacu kepada pertandingan dini hari tadi, kita bisa lihat bahwa “tim B” Bayern cukup timpang jika dibandingkan dengan tim inti. Ini tentu akan berbahaya manakala fisik para pemain inti drop atau beberapa di antara mereka mengalami cedera di saat bersamaan. Ada kemungkinan Bayern menjadi kurang kompetitif menghadapi sengitnya persaingan di tiga kompetisi tersebut. Oleh karena itu, menurut saya kita perlu melakukan pembelian pemain di transfer window Januari nanti. Setidaknya untuk posisi striker dan bek tengah. Tapi apakah Jupp dan manajemen Bayern merasakan hal yang sama? Entahlah :)

Quotes

Jupp Heynckes: “We had big selection problems beforehand, but the team I sent out today gave a convincing, battling display.”

Holger Badstuber: “It wasn’t hard to get motivated. We had a lot of changes, but every player picked for the team was fired up.”

Jerome Boateng: “It doesn’t matter who’s in the team, every player has quality.”

Sampai jumpa hari Minggu, guys. Bayern akan bertandang ke kandang Stuttgart untuk mempertahankan posisi puncak Bundesliga. Thanks for reading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s