Juara Piala UEFA tahun 1996


Setelah hanya menempati peringkat ke enam pada Bundesliga musim 1994/1995, Bayern berhak mengikuti kompetisi UEFA Cup. Di putaran pertama, Bayern Muenchen ditantang oleh Lokomotiv Moscow. Meski sempat kalah 0-1 di leg pertama, Bayern berhasil menghajar Lokomotiv di leg kedua dengan skor telak 5-0. Lima gol kemenangan di kandang Lokomotiv diciptakan oleh Klinsmann (2), Herzog, Scholl dan Strunz.

Di putaran kedua, giliran Raith Rovers asal Skotlandia yang coba menghadang the mighty Bayern. Namun, upaya Raith Rovers gagal setelah dua kali dikalahkan Bayern dengan skor 2-0 dan 2-1. Klinsmann mencetak tiga gol pada dua laga tersebut. Gol lainnya diciptakan oleh Babbel.

Pada putaran ketiga, giliran Benfica yang digilas Bayern dengan agregat 7-2. Di leg pertama yang digelar di Munich, Bayern menang dengan skor 4-1. Klinsmann memborong seluruh gol Bayern waktu itu. Dan pada partai tandang, Bayern kembali meraih kemenangan 3-1 melalui gol-gol Klinsmann (2) dan Herzog.

Dengan agregat yang sama, Bayern mengandaskan Nottingham Forest di babak perempat final. Unggul 2-1 di leg pertama, Bayern lalu mengamuk di kandang Nottingham Forest dan menang telak 5-1. Klinsmann melanjutkan “tradisi” mencetak golnya, dengan menghasilkan 3 gol pada kedua leg tersebut.

Di semifinal, Bayern Muenchen bertemu Barcelona. Bayern ditahan 2-2 di Olympiastadion, Munich. Namun pada leg kedua, di hadapan 115,000 penonton, Bayern menekuk tuan rumah dengan skor 2-1. Bayern pun melaju ke babak final, bertemu dengan tim asal Prancis, Bordeaux. Saat itu, Bordeaux dihuni pemain-pemain yang tergolong hebat seperti Bixente Lizarazu (yang 2 tahun kemudian bergabung dengan Bayern Muenchen), Richard Witschge, Cristophe Dugarry dan Zinedine Zidane.

Pada partai final, Bayern dilatih oleh Franz Beckenbauer, yang baru tiga minggu ditunjuk untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Otto Rehhagel. Rehhagel dianggap tidak bisa menciptakan suasana harmonis di kubu FC Hollywood kala itu. Klinsmann termasuk salah satu pemain yang sering mengkritik Rehhagel.

Di leg pertama yang digelar tanggal 1 May 1996, Bayern yang tampil sebagai tuan rumah berhasil mengalahkan Bordeaux dengan skor 2-0, melalui gol Thomas Helmer di menit 34 dan Mehmet Scholl (60′). Bordeaux sebenarnya punya banyak peluang pada pertandingan tersebut, namun Kahn bermain cemerlang untuk menggagalkan semuanya.

Sedangkan pada leg kedua, Bayern kembali mampu meraih kemenangan. Kali ini dengan skor 3-1. Gol-gol diciptakan oleh Scholl, Emil Kostadinov dan sang top skor UEFA Cup musim tersebut, Jurgen Klinsmann, yang secara total berhasil mengemas 15 gol di sepanjang turnamen.

Kemenangan Bayern di UEFA Cup membuatnya menjadi 1 dari hanya 3 klub di Eropa yang pernah menjuarai tiga trofi paling bergengsi antar klub di Eropa: Champions League, UEFA Cup dan Cup Winners Cup. Dua klub lainnya adalah Juventus dan Ajax.

Skuad Bayern musim itu dipenuhi pemain-pemain bintang seperti: Klinsmann, Papin, Scholl, Hamman, Ziege, Matthaeus, Helmer dan Kahn.

Berikut ini highlight pertandingan Bayern vs Bordeaux:

Bayern vs Bordeaux, UEFA Cup final 95/96

Dan ini highlight Nottingham Forest vs Bayern (perempat final):

Forest vs Bayern

Thanks for reading…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s