Preview: Bayern vs Koln


Pada pukul 02.30 dini hari nanti, Bayern akan menjamu Koln pada laga ke-17 Bundesliga musim 2011/2012. Lima pertandingan kandang sebelumnya melawan Koln, Bayern belum pernah menang. Terakhir Bayern menang 3-0 atas Koln pada tahun 2002. Tapi kali ini, semoga Bayern bisa meraih 3 poin untuk mengamankan posisi puncak klasemen.

Lagipula, performa tandang Koln musim ini tak terbilang bagus. Mereka menang 2 x, draw 1 x dan kalah 4 x. Meski demikian, overall, perjalanan mereka di musim ini menunjukkan grafik membaik. Setelah terpuruk di peringkat 17 dan 18 pada tiga laga awal bundesliga, Koln mulai bangkit dan kini berada di posisi ke 10 dengan 21 poin.

Poldi dan Rensing

Di antara skuad Koln, ada dua pemain yang pernah membela Bayern dan sepertinya perlu mendapatkan perhatian lebih. Rensing adalah mantan kiper Bayern yang sempat digadang-gadang akan menggantikan posisi Kahn sebagai kiper utama dan hebat. Tapi kenyataannya tak seperti itu. Rensing justru terdepak dari Bayern dan kini membela Koln. Mampukah Rensing mempertahankan gawangnya dari serangan Gomez dkk di lini depan? Personally, I doubt it.

Kalaupun gawang Rensing kebobolan, Koln tentu berharap Poldi bisa menyumbangkan gol dalam laga ini agar setidaknya mereka bisa mendapatkan 1 poin. Jika mau jujur, saya agak terkejut Poldi bisa menjadi top skor kedua bundesliga menjelang paruh musim. Well, he’s certainly a good player, but scoring 14 goals is another great achievement from him. Sebagai pendukung timnas Jerman, tentu saya senang dengan performanya saat ini. Namun sebagai fans Bayern, tentu agak was-was juga melihat kinerjanya yang apik, khususnya di beberapa laga Koln terakhir.

Starter Bayern

Kabar terakhir menyatakan bahwa Ribery sudah sembuh dari cedera minornya dan tergolong fit untuk memulai laga kontra Koln. Dengan demikian, di lini depan kemungkinan besar Bayern akan turun dengan formasi: Gomez-Ribery-Mueller-Robben.

Di belakang mereka, saya berharap kombinasi Tymo dan Kroos kembali turun. Biarlah Gustavo bermain minggu depan saja di DFB Pokal. Begitu juga dengan Bastian yang dikabarkan semakin membaik. Saya rasa belum saatnya dia diturunkan, even hanya untuk beberapa menit di babak kedua. We don’t want to take any risk for the general.

Pada area pertahanan, saya rasa formasinya akan seperti ini: Neuer-Lahm-Boateng-DvB-Rafinha. Rafinha kembali menunjukkan kapasitasnya yang menurut saya pribadi lebih oke ketimbang Boateng di sisi kanan pertahanan Bayern, khususnya dalam membantu penyerangan. Minggu lalu, ia memberikan crossing akurat kepada Gomez yang akhirnya berbuah gol. Kombinasinya dengan Robben diharapkan mampu mengacak-acak pertahanan Koln.

Selasa yang lalu, koln baru saja bertanding melawan Mainz dan imbang 1-1. Secara fisik, jelas mereka akan kalah ketimbang Bayern yang sudah mendapat istirahat cukup di pekan ini. Ditambah dengan keunggulan skill pemain, saya yakin Bayern akan menang dengan margin 2 gol malam ini.

Buat yang tidak bisa menonton, kalian bisa ikuti live tweet kami atau membaca reviewnya secara langsung di blog ini. Thanks for reading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s