Juara Paruh Musim


Kemenangan atas Koln dini hari tadi memastikan Bayern menjadi juara paruh musim Bundesliga musim 2011/2012. Mari kita lihat sekilas fakta-fakta yang terkait dengan juara paruh musim dan juara bundesliga.

# Dalam lima tahun terakhir, hanya dua tim yang mampu menjadi juara paruh musim sekaligus akhirnya menjadi juara Bundesliga. Kedua tim tersebut adalah Bayern Muenchen (07/08) dan Dortmund (10/11).

Sedangkan tiga tim lain, Bremen, Hoffenheim dan Leverkusen tidak mampu mempertahankan keberadaan mereka sebagai juara paruh musim untuk bertahan dan meraih gelar Bundesliga di akhir musim. Leverkusen disalip Bayern München yang kemudian menjadi juara Bundesliga musim 2009/2010.

# Musim 2009/2010 bukan kali pertama Bayern menjadi meister meski di tengah musim gagal memimpin klasemen. Tahun 71/72, Schalke berhasil menjadi juara paruh musim, namun Bayern yang akhirnya menjadi juara di bawah asuhan pelatih legendaris Udo Lattek. Hal yang sama terulang di tahun 80/81, dimana Hamburg SV berhasil memuncaki klasemen di paruh musim, tapi gelar juara diraih FC Bayern München. Kemudian pada dua musim berturut-turut (85/86 dan 86/87), Bayern berhasil menggagalkan ambisi juara paruh musim pada tahun-tahun tersebut yaitu: Werder Bremen dan Hamburg.

Di era 90an, Bayern sekali menelikung juara paruh musim (Eintracht Frankfurt) untuk meraih gelar juara Bundesliga musim 93/94 di bawah kepemimpinan pelatih Franz Beckenbauer. Sedangkan di era 2000-an, selain melewati Leverkusen, sebagaimana sudah di share di atas, Bayern München juga berhasil mengalahkan poin juara paruh musim tahun 2000/2001, Schalke, untuk menjadi meister.

# Sebaliknya, Bayern München pernah dua kali gagal menjadi juara Bundesliga meski berhasil menjadi juara paruh musim. Hal ini terjadi pada musim 70/71 (Gladbach yang akhirnya jadi juara) dan tahun 92/93 (Bremen yang menjadi meister).

# Tapi perlu juga dicatat bahwa Bayern seringkali menjadi juara paruh musim dan kemudian juga menjadi juara Bundesliga. Tercatat sudah 13 kali hal tersebut terjadi. Bahkan sejak tahun 96/97, Bayern selalu menjadi juara Bundesliga setelah sebelumnya menjadi juara paruh musim (7 kali).

Lalu bagaimana dengan musim ini, apakah Bayern kembali berhasil memperpanjang rekor menjadi juara paruh musim sekaligus juara bundesliga? Sebagai fans, kita harus optimistis, apalagi jika skuad bayern tidak dirundung badai cedera, tentu peluang Bayern untuk menjadi juara sangat besar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s