Preview Bochum vs Bayern (DFB Pokal)


Pada tanggal 21 Desember jam 01.00 WIB (dini hari), Bayern Muenchen akan melakoni laga kontra VFL Bochum dalam lanjutan DFB Pokal. Ini akan menjadi pertandingan terakhir Bayern di tahun 2011.

Tim B?

Setidaknya ada dua pertandingan di musim ini, dimana Bayern menurunkan mayoritas pemain cadangan. Pertama adalah ketika Bayern menghabisi Ingolstadt dengan skor 6-0 dan yang kedua adalah pada saat Bayern menyambangi markas Manchester City pada laga yang secara kompetitif tidak lagi bermakna apa-apa. Bayern tumbang 0-2 kala itu.

Apakah kali ini, pola seperti di atas akan kembali ditampilkan Jupp Heynckes? Menurut saya, mungkin saja ada beberapa pemain “cadangan” yang akan tampil (meski tidak mulai sebagai starter), namun perbandingannya dengan tim utama tidak akan terlalu ekstrem. Saya membayangkan skuad seperti ini:

Neuer – Contento – Boateng – Badstuber – Rafinha – Gustavo – Kroos – Olic – Mueller – Alaba – Gomez.

Meski tidak menjadi starter, tapi saya berharap nama-nama seperti Usami, Petersen dan Pranjic bisa jadi opsi untuk bermain di babak kedua. Yang jelas, Bayern tidak boleh menganggap remeh Bochum atau kehilangan motivasi/konsentrasi dalam laga penting ini. Neuer sendiri mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa pada kompetisi DFB Pokal, orang selalu mengharapkan terjadinya kejutan dimana tim lemah mampu menyingkirkan tim kuat. Oleh karenanya, Neuer menganggap timnya harus bermain sebaik mungkin agar hal tersebut tidak terjadi pada Bayern.

Bochum

Bochum saat ini bermain di Bundesliga II dan menempati posisi ke 9 setelah menyelesaikan 19 pertandingan. Terpaut 18 poin dari pemuncak klasemen Fortuna Düsseldorf. Secara logika, sepertinya akan sulit bagi mereka untuk bisa naik ke Bundesliga. Oleh karenanya, peluang di DFB Pokal menjadi satu-satunya arena bagi mereka untuk setidaknya mencuri perhatian publik sepak bola Jerman musim ini. Terlebih jika mereka sanggup mengalahkan Bayern Muenchen.

Tapi tentu mengalahkan Bayern bukanlah perkara mudah bagi mereka. Dari sisi kemampuan serang, mereka sepertinya mengandalkan trio Takashi Inui (5 gol), Mirkan Aydin (4 gol) dan Chong Tese (4 gol). Secara khusus, Neuer mengatakan bahwa pemain pendek asal Jepang bernomor punggung 11 (dia ga tahu namanya Takashi Inui hehe) merupakan pemain yang perlu diwaspadai karena memiliki teknik dribbling yang baik. Pertandingan terakhir mereka terjadi akhir pekan lalu menghadapi FSV Frankfurt 1899 dan Bochum berhasil meraih kemenangan 2-1.

Sedangkan dari sisi pertahanan, mereka tampak cukup rapuh dengan sudah kebobolan 29 gol. Adapun penjaga gawang utama mereka adalah Andreas Luthe (Jerman). Neuer ingat pernah berhadapan dengan Luthe ketika masih junior meskipun dia lupa waktu itu siapa yang menang zzzzzzz😀 Anyway, pertemuan Bayern Muenchen dan Bochum terakhir terjadi di musim 2009/2010 di Bundesliga. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Bochum, Bayern menang telak 5-1 melalui gol-gol Gomez (1), Olic (2), Pranjic (1).

Oke, yang cukup jeli bisa sadar kalau pencetak golnya kurang satu😀 Satu gol lagi adalah hasil gol bunuh diri Mavraj. Sedangkan pada leg kedua di Allianz Arena, Bayern Muenchen mengalahkan Bochum dengan skor 3-0 melalui hattrick Thomas Mueller.

So, sepanjang Bayern bermain seperti biasanya, saya yakin FC Bayern akan kembali memenangi laga melawan Bochum dan semoga Mueller kembali berhasil menyumbangkan gol untuk bisa meningkatkan rasa percaya dirinya.

Anyway, berikut ini dua update berita singkat yang ada kaitannya dengan FC Bayern:

# Legenda Bayern Muenchen, Mehmet Scholl akan kembali menukangi tim amatir Bayern mulai 1 Juli 2012 yang akan datang, menggantikan Andries Jonker.

# Basel ada kemungkinan dicoret dari UCL kalau asosiasi sepakbola Swiss tidak mengambil tindakan tegas kepada Sion yang dianggap melakukan pelanggaran dalam hal transfer pemain. Rumor berkembang, khususnya di antara media Inggris, bahwa jika Basel benar-benar dicoret, maka MU kemungkinan besar akan menggantikan posisi mereka. Well, if that happened, it would be an unfair decision, but I don’t care :p Anyway, opsi lain kalau Basel dicoret adalah Bayern mendapatkan ‘bye’. Nah, kalau yang ini kayaknya lebih menguntungkan buat Bayern😀

Sampai jumpa pada live streaming Bochum vs Bayern (sepanjang internetnya lancar yaaaa) and in the meantime, pada ikutan dong polling di sebelah kanan tampilan website ini.

Danke.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s