Transfer Rumour??


Setiap kali transfer window dibuka, transfer rumor menjadi salah satu topik terhangat di dunia sepak bola. Fans, pundit, jurnalis berlomba-lomba berspekulasi tentang pemain-pemain mana saja yang akan berpindah klub pada transfer window tersebut.

Tak terkecuali saat ini. Berbagai pihak mulai menerka-nerka siapa yang akan pindah ke Bayern atau keluar dari Bayern. Mari kita lihat dari kemungkinan adanya pemain Bayern yang hengkang di bulan Januari 2012:

1. Olic

Dalam sebuah interview baru-baru ini, Olic menyatakan bahwa dirinya tidak akan meninggalkan Bayern pada Januari ini. Meski ia tetap tidak menutup kemungkinan hengkang di Juni/Juli/Agustus yang akan datang. Well, let’s not talk about it now. Saya sendiri yakin Bayern tidak akan membiarkan Olic pergi bulan ini, mengingat cukup rentannya back up Gomez di lini depan. Dan, suka atau tidak suka, Olic adalah back up Gomez terbaik yang dimiliki FC Bayern saat ini.

2. Pranjic

Ia punya alasan yang sama dengan Olic untuk segera angkat koper dari Munich, yaitu kurangnya waktu bermain. Meski demikian, Pranjic juga sudah menyatakan akan stay bersama Bayern. Meskipun secara pribadi, saya rasa Pranjic termasuk pemain yang harusnya masuk daftar offload. Namun jika Bayern memutuskan untuk mempertahankannya Januari ini maka itu adalah sebuah keputusan yang bijak.

3. Breno

Mungkin pemain yang satu ini menjadi pemain dengan peluang yang paling besar di antara seluruh pemain yang bisa segera meninggalkan Bayern. Ia juga menyatakan ingin kembali bermain di Brazil bersama Sao Paolo. Klub tersebut sepertinya juga cukup tertarik untuk merekrut Breno. Meski demikian, jika melihat betapa manajemen Bayern berupaya cukup keras untuk membawa Breno ke training camp di Qatar, maka bisa diasumsikan bahwa Bayern ingin mempertahankan Breno. (setidaknya hingga akhir musim).

Lalu, bagaimana dengan kemungkinan Bayern membeli pemain di winter transfer window? Sebelum mengulas beberapa opsi, kita perhatikan dulu komentar beberapa petinggi dan eks Bayern player tentang perlunya membeli pemain di transfer window Januari 2012:

1. Nerlinger: we’ll go into the second half of the season with the current squad, because we have total faith in this squad.

2. Hamann: Bayern terlalu bergantung pada Gomez dalam urusan mencetak gol. Jika ia cedera, maka Bayern bisa kesulitan mencetak gol. Oleh karenanya, Bayern perlu mencari striker lain yang sepadan dengannya.

3. Uli Hoeness: If we are to enter the market, it’s not because we just lost a player, but because our squad is too small.

Pada dasarnya, saya sepakat dengan pernyataan Uli. Skuad Bayern saat ini pas-pas-an dalam hal kuantitas. Sepanjang tidak ada cedera panjang atau hukuman larangan bermain bagi key players sih ga ada masalah, tapi begitu ada yang cedera, stabilitas dan konsistensi permainan bisa terganggu.

Namun, overall, manajemen terlihat cukup puas dengan kondisi skuad yang ada sekarang. Meskipun beberapa nama terus dikabarkan tengah didekati/diincar Bayern, seperti:

1. Marco Reus

“Marco Reus is fundamentally a very interesting player with lots of quality, but there’s been no decision yet.” Begitu komentar Nerlinger bulan lalu menanggapi kemungkinan Bayern membeli Reus dari Gladbach. Karl Heinz Rummenigge sendiri berpendapat bahwa Reus sebaiknya tetap bersama Gladbach setahun ke depan untuk meningkatkan pengalamannya.

Yang jelas, Reus memang pemain berbakat dan tentu saja layak untuk dibeli Bayern. Meskipun soal timing pembelian yang sulit untuk dipastikan kapan akan terjadi. Secara logika, kalaupun Bayern serius ingin mendapatkan Reus, kemungkinan baru akan terwujud di summer transfer window, karena Gladbach tentu tidak akan serta merta melepas bintangnya. Negosiasi yang alot akan menyita waktu dan mungkin tidak cukup dilakukan pada transfer window ini.

So, possibility kedatangan Reus ke Bayern pada transfer window Januari 2012 menurut saya: 50%.

2. Andre Ayew, winger asal Ghana yang saat ini bermain untuk Marseille juga sempat dikabarkan akan segera dibeli Bayern. Sebenarnya ketertarikan Bayern terhadap pemain yang baru saja terpilih sebagai pemain terbaik Ghana tahun 2011 sudah dimulai sejak lama. Pemantauan yang intens dilakukan terhadap pemain yang merupakan anak dari eks pemain hebat-Abedi Pele. Harganya dibandrol sekitar 10-12 juta Euro.

Namun, baru-baru ini, ia memperpanjang kontraknya setahun lagi dengan Marseille, sehingga kontraknya baru akan berakhir 2015. Melihat hal ini, saya perkirakan ia tidak akan segera berpindah klub. So, peluangnya pindah ke Bayern is less than 50%.

3. Papiss Cisse. Jika kita sepakat dengan pernyataan Hamann di atas, maka Cisse bisa jadi “back up” yang tepat bagi Gomez. Kemampuannya dalam mencetak gol, setidaknya di dua musim terakhir tidak perlu diragukan, apalagi dia bermain untuk Freiburg yang bisa dikatakan rekan-rekan setimnya tak sehebat para pemain Bayern dalam memberi service kepada striker.

Harganya berkisar 10-15 juta Euro (cukup mahal menurut saya) dan ia menyatakan ingin pindah ke klub lain yang tingkatannya lebih tinggi. Saat ini, Tottenham yang sepertinya sedang getol ingin segera merekrutnya. Bayern sendiri terkesan tak terlalu bernafsu mengejarnya. So, shall we forget him? :p

Anyway, ada beberapa nama lain seperti Milos Krasic, Farfan hingga Mario Gotze yang dikabarkan diincar FC Bayern, tapi sepertinya peluangnya lebih kecil dari tiga pemain yang dibahas di atas. But who knows? Dalam industri sepak bola seperti sekarang ini, segalanya bisa saja terjadi.

Yang jelas, saya pribadi berharap Bayern bisa membeli setidaknya satu pemain bulan ini. At least, beli USAMI !!! Permanenkan pemain Jepang potensial ini. Jangan cuma dijadikan pemain pinjaman saja😀

Punya komentar tentang pemain mana yang sebaiknya dibeli Bayern? leave your comment, guys…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s