Lawan Bayern di 16 Besar Champions League adalah…


FC BASEL… Ya jelas dong, ‘kan emang hasil drawingnya seperti itu :p

Betul, hasil drawing tanggal 16 Desember 2011 di Nyon, Swiss, memang mempertemukan Bayern Muenchen dengan FC Basel di babak 16 besar Liga Champions. Namun, beberapa hari kemudian, desas desus beredar bahwa FC Basel kemungkinan akan dicoret dari Liga Champions. Hal tersebut dikarenakan Asosiasi Sepak Bola Swiss (SFV) tidak mengambil tindakan tegas (menghukum) kepada klub Sion yang telah memainkan pemain ineligible dalam pertandingan yang mereka lakoni.

FIFA pun mengancam akan melarang Swiss dan seluruh klubnya berpartisipasi dalam berbagai gelaran sepak bola yang berada di bawah naungan FIFA dan UEFA jika tetap tidak menghukum Sion. Deadline yang diberikan kepada SFV untuk menindak Sion adalah 13 Januari 2012. Media-media, khususnya dari Inggris, memanfaatkan kekisruhan ini dengan mem-blow up sesuatu yang menurut saya: absurd. Mereka menyebutkan bahwa jika FC Basel benar-benar dicoret, maka MU punya peluang untuk kembali ke Liga Champions karena mereka adalah posisi ketiga di bawah Basel dalam fase grup. Opsi lainnya menurut mereka adalah Bayern akan mendapatkan bye. Namun, yang mereka gadang-gadang adalah opsi pertama.

Diskusi pun menyeruak di kalangan fans. Fans Bayern sendiri (umumnya) yang saya amati tidak terlalu ambil pusing dengan siapapun lawan mereka di babak 16 besar. Karena mereka optimis bisa melewati either Basel or MU. Hanya memang sebagian menganggap kemungkinan MU kembali ke Liga Champions sebagai sebuah joke. Karena permasalahan yang terjadi sama sekali tidak melibatkan Basel dan MU. Kecuali, isunya adalah antara MU dan Basel, let say: pemain Basel pakai doping pas lawan MU, atau ada indikasi pengaturan skor ketika MU vs Basel, baru layak dibicarakan kemungkinan Basel dicoret dan digantikan MU.

Sedangkan UEFA sendiri melalui website resminya menyatakan yakin bahwa permasalahan antara SFV dan FIFA pasti akan bisa diselesaikan dengan baik dan tidak mengganggu hasil drawing: FC Basel vs Bayern Muenchen.

Dan akhirnya, pada tanggal 30 Desember 2011 yang lalu, SFV akhirnya memutuskan untuk menghukum Sion dengan melakukan pengurangan 36 poin. Dengan demikian, Basel dapat dipastikan bisa berlaga melawan Bayern. Meskipun Swiss Players’ Union dan Fifpro (the world players’ union) tetap mengecam FIFA dengan menyebutkan: “We do not agree with the consequence that players of FC Basel, a totally different club, or national team players become the victims of the actions of FC Sion.”

Demikian sedikit updates tentang lawan Bayern di 16 besar Liga Champions…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s