Luiz Gustavo – Setahun bersama FC Bayern


Tahun lalu, tepatnya tanggal 4 Januari 2011, Luiz Gustavo menjalani “hari kerja” perdananya bersama Bayern pada winter training camp di Qatar. Sehari sebelumnya, ia menandatangani kontrak selama 4,5 tahun bersama Bayern (berakhir tahun 2015). Sebagai bagian dari agreement transfer Gustavo antara Hoffenheim dan FC Bayern, David Alaba harus menjalani periode sebagai pemain pinjaman di Hoffenheim hingga akhir musim 2010/11.

Ia mengatakan bahwa dirinya paling nyaman bermain sebagai defensive midfielder, meskipun tidak masalah juga jika harus turun sebagai central atau left wing back. Dan memang kenyataannya, khususnya di era kepelatihan Van Gaal, ia beberapa kali bermain sebagai bek.

Luiz juga bangga menjadi penerus pemain Brazil yang bermain bagi Bayern. Ia menyebut nama Ze Roberto dan Lucio sebagai role modelnya. Ia menyukai sikap keduanya yang selalu memberikan 100% bagi klub. Ze Roberto pun berkomentar bahwa Luiz Gustavo merupakan pemain yang tepat bagi Bayern.

Sejak kedatangannya hingga saat ini, Gustavo termasuk salah satu pemain yang cukup sering dipercaya pelatih untuk bermain. Di era Jupp Heynckes, biasanya dia dirotasi dengan Tymo. Musim ini, Gustavo sudah membela Bayern sebanyak 15 kali di Bundesliga, 3 kali di ajang DFB Pokal dan 7 kali di liga champions. Di liga champions, ia memulai debutnya bersama Bayern ketika menang 1-0 atas Inter Milan tahun lalu.

Bahkan tahun ini, ia berhasil meraih caps pertamanya bersama timnas Brazil saat masuk menggantikan Ramires di menit 86 sewaktu bertanding melawan Jerman. Ia bahkan dipercaya pelatih Mano Menezes menjadi starter sewaktu Brazil menghadapi Costa Rica bulan Oktober yang lalu. Meski demikian, sekitar November hingga Januari tahun lalu, sempat beredar isu tentang kemungkinan naturalisasi dirinya menjadi warga negara Jerman. Luiz sendiri tidak menutup kemungkinan terwujudnya hal tersebut.

Berikut komentar Bierhoff menanggapi isu tersebut: “We will first discuss the issue Luiz Gustavo. But when FC Bayern pays so much money for a player, that shows sporting value and meaning. You have got to consider whether the player really identifies himself with Germany or whether he is only looking for sporting opportunities. But if the issue were to become more concrete, then we would discuss it with Gustavo and FC Bayern. Identity with Germany is the most important aspect.” Tapi toh seiring berjalannya waktu, diskusi tentang naturalisasi Gustavo menguap begitu saja dan ia kini officially hanya bisa bermain untuk timnas Brazil.

Gol perdananya bagi Bayern lahir musim lalu ketika Bayern kalah 1-3 di kandang sendiri dari Borussia Dortmund. Berawal dari sepak pojok Ribery, Gustavo mampu memanfaatkan kelengahan penjagaan pemain-pemain dortmund terhadap dirinya dan berhasil mencetak gol dengan sontekan voli kaki kanannya.

Di musim 2011/12, Gustavo juga sudah berhasil menyumbangkan sebuah gol bagi Bayern. Bahkan menurut saya, gol ini menjadi sangat amat vital bagi perjalanan Bayern di Bundesliga musim ini. Setelah kalah dari Gladbach di pertandingan pembuka Bundesliga, saya tak bisa membayangkan betapa kacaunya Bayern jika kembali kalah ataupun draw di partai kedua di kandang Wolfsburg!!

Dan hingga menit 90, skor masih imbang 0-0. Hingga Gustavo akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menendang dengan kaki kirinya sedikit dari luar kotak pinalti dan berhasil membobol gawang Wolfsburg. Bayern players, coach and fans was so relieved with that decisive goal. Dari situlah, kebangkitan dan kepercayaan diri pemain-pemain Bayern (menurut saya) bangkit di musim ini.

Terlepas dari gol tersebut, overall, saya pribadi puas dengan performa Gustavo musim ini, meski masih meyakini bahwa dia bisa tampil lebih baik lagi. Bagaimanapun dengan usia yang masih muda, dia masih bisa terus berkembang menjadi pemain yang lebih matang.

And I hope he can fulfill his own dream: to win trophies with Bayern (which he’s still unable to achieve yet)… Semangat, Luiz!!

Menutup postingan ini, saya sertakan beberapa video Luiz Gustavo:

Luiz Gustavo

gol gustavo ketika melawan wolfsburg

thanks for reading…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s