Dibuang Sayang…


Di periode 10 tahun terakhir, banyak pemain yang masuk ke Bayern, tapi banyak juga pemain yang meninggalkan Bayern. Kami coba melihat pemain-pemain mana yang paling disayangkan “dibuang” Bayern:

1. Lucio

Bek asal Brazil ini bergabung ke Bayern dari Leverkusen pada tahun 2004. Ia bermain sebanyak 144 kali di bundesliga dan menyumbangkan 7 gol bagi klub asal Bavaria. Namun, kedatangan Van Gaal membuat posisi Lucio sebagai starter terancam. Ia pun lebih memilih hengkang jika ada klub besar lainnya yang tertarik pada dirinya. Tawaran pun datang dari Inter Milan dan Lucio akhirnya meninggalkan Bayern pada bulan Juli tahun 2009.

Ironisnya, setahun kemudian, ia berhasil membawa Inter Milan menjuarai liga champions dengan mengalahkan Bayern Munchen. That’s one reason why I don’t like Van Gaal!!

I mean, Lucio adalah bagian krusial dari tim Bayern yang meraih gelar double di tahun 2005, 2006 dan 2008. Ketika pindah pun, usianya masih 31 tahun, masih berada dalam usia keemasan untuk seorang bek.

2. Owen Hargreaves

Setelah menjadi bagian dalam tim yang memenangkan liga champions tahun 2001, saya berpikir bahwa Hargreaves akan terus bermain bagi Bayern hingga pensiun. Meski bukan anak asli Munich, tapi bisa dibilang ia adalah produk Bayern Munich. Ia mengawali karir dari mulai tim Bayern Junior, Bayern II hingga tim senior Bayern.

Debutnya di Bundesliga terjadi pada Agustus 2000 setelah masuk menggantikan Jancker di menit 83. Lalu mulai musim 2001-2002, ia menjadi pemain reguler di tim inti. Berbagai gelar sudah dirasakannya bersama Bayern. Secara personal, ia juga terus berkembang sebagai midfielder top. Bahkan di tahun 2006, ia terpilih sebagai pemain terbaik Inggris.

Namun, pada 1 Juli 2007, Hargreaves pindah ke MU dengan nilai transfer sebesar 17 juta pounds. Di MU, ia tak banyak bermain karena sering dirundung cedera. Hal tersebut membuat Ferguson memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Manchester City akhirnya merekrut Hargreaves awal musim ini.

3. Mats Hummel

Sama seperti Hargreaves, Hummels juga produk asli binaan Bayern Munich. Namun ia tak seberuntung Hargreaves dalam hal menerobos masuk tim utama. Karena pada periode tersebut, Bayern memiliki bek-bek yang sudah lebih punya nama ketimbang dirinya, seperti: Lucio, Demichelis, van Buyten and Breno.

Nama yang disebutkan terakhir ternyata hingga saat ini kalah mentereng prestasi dan permainannya ketimbang Hummels. Kalah jauh malah. Namun sayang, Hummels harus terdepak dari Bayern secara permanen sejak 1 Juli 2009. Dan musim lalu, ia berhasil menghantar Dortmund menjadi juara Bundesliga. Di timnas Jerman sendiri, ia termasuk pemain yang diandalkan pelatih Joachim Loew di lini belakang.

4. Samuel Kuffour

Pemain asal Ghana ini adalah salah satu bek legendaris Bayern (menurut saya). Keberadaannya selama 11 musim di klub kebanggaan kita telah memberikan sumbangsih besar terhadap pencapaian berbagai gelar juara.

Ia tiga kali terpilih menjadi pemain terbaik Ghana, yaitu pada tahun 1998, 1999, 2001. Di liga champions, selain sudah merasakan gelar juara, ia juga merupakan bek termuda yang pernah mencetak gol pada kompetisi tersebut yaitu pada umur 18 tahun 61 hari. Ia juga menjadi pemain Afrika yang paling sering tampil di Liga Champions. Hal-hal tersebut akhirnya membuat dirinya masuk daftar 30 pemain Afrika paling top sepanjang masa.

Namun, di tengah berbagai prestasinya yang mentereng, Bayern memutuskan melepas Kuffour ke AS Roma pada tahun 2005 dengan status free transfer. Usianya saat itu masih 29 tahun.

Setidaknya 4 nama di atas yang menurut kami, sangat disayangkan harus dijual oleh Bayern. Memang banyak nama besar lain yang juga hengkang dari Bayern. Namun, menurut kami penjualan pemain-pemain tersebut pas dengan alasan:

1. Performanya tak terlalu kinclong, misalnya Roque Santa Cruz, Carsten Jancker, Jose Ernesto Sosa, Zickler.

2. Sudah masuk usia uzur, seperti: Roy Makaay, Lizarazu, Elber, Effenberg, Mario Basler, Van Bommel.

Punya pendapat lain? Silahkan leave your comments below.

One thought on “Dibuang Sayang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s