Preview Gladbach vs Bayern


Euforia Bundesliga kembali terasa. Setelah sebulan beristirahat, para pemain kembali siap beraksi di lapangan. Sebagai laga pembuka, digelar laga dua tim dengan sejarah hebat di Bundesliga: Gladbach vs Bayern.

Pertemuan pertama dimenangkan oleh Gladbach di Allianz Arena. Mampukah Gladbach kembali meraih kemenangan atas Bayern?

Kita lihat dulu beberapa hal yang mungkin menjadi faktor yang bisa dipertimbangkan dalam memprediksi hasil akhir pertandingan:

1. Di putaran pertama Bundesliga 2011/12, Gladbach tidak pernah kalah di kandang sendiri. Mereka berhasil meraih 6 kemenangan dan 3 kali seri. Hal ini jelas berbeda 180 derajat dengan performance mereka di kandang musim lalu. Dari 17 kali partai home, mereka cuma bisa menang 5 kali !!!

2. Reus sudah confirmed akan pindah ke Dortmund akhir musim ini. Apakah ini akan mempengaruhi kinerjanya di paruh musim kedua? Akankah dia benar-benar ngotot ingin membawa Gladbach menjuarai Bundesliga atau setidaknya lolos ke liga Champions? Bukan cuma Reus, Roman Neustädter juga akan berlabuh ke Schalke musim depan. Apakah motivasinya juga berubah dalam memberi performance 100% bagi Gladbach? Terakhir, Håvard Nordtveit juga sedang “diganggu” oleh Liverpool untuk pindah ke Anfield.

3. Marc-Andre ter Stegen

Musim ini, ia sudah 7 kali clean sheets. Ia juga hanya sekali mengalami kebobolan lebih dari satu gol di sebuah pertandingan yaitu ketika melawan Leverkusen. Itupun kalau dicermati lebih jauh, pada pertandingan tersebut, Stegen berulang kali melakukan penyelamatan gemilang yang membuat Gladbach tidak dipermalukan Leverkusen. Kesolidan ter Stegen membuat Gladbach memiliki rekor defensif terbaik nomor dua di bundesliga musim ini, di bawah Bayern Munich

4. Favre’s revolution

Tepat pada winter break musim lalu, Gladbach tengah terpuruk. Mereka hanya berhasil meraih 10 poin dari 17 pertandingan. Beruntung mereka masih bisa survive, tidak terdepak ke Bundesliga II. Adalah Favre yang menjadi otak survival dan kebangkitan Gladbach musim ini.

Ia memang dikenal sebagai salah satu pelatih brilian. Ia pernah membawa FC Zurich menjadi juara dua tahun berturut-turut (2006 dan 2007) dan menghantar Hertha Berlin ke posisi tertingginya di Bundesliga selama 1 dekade terakhir, yaitu posisi 4.

Okay, enough with Gladbach. Bayern sendiri bisa dikatakan siap untuk menghadapi putaran kedua Bundesliga. Dan menurut saya, laga-laga awal harus dimanfaatkan untuk meraih sebanyak mungkin poin sebelum jadwal pertandingan tengah pekan (liga champions) kembali muncul dan menguras energi para pemain. Apalagi, rival-rival Bayern di bundesliga umumnya tak terganggu dengan hal tersebut.

Untuk starter, saya rasa seperti ini:

Neuer – Lahm – Badstuber – DvB – Boateng – Tymo – Schweinsteiger – Kroos – Mueller – Robben – Gomez.

Kemarin sempat terdengar kabar kalau Basti mengalami gangguan di lututnya, namun saya yakin ia bisa bermain melawan Gladbach. Kroos digeser ke kiri untuk menggantikan Ribery dan sepanjang laga-laga persahabatan, sepertinya dia tak bermasalah dengan hal tersebut. Mueller bermain di belakang Gomez dan sepertinya kembali menemui performa terbaiknya.

It’s going to be a tough match for Bayern, tapi saya yakin bayern bisa meraih tiga poin dalam laga ini.

SEMANGAT!!!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s