Bayern Munchen vs VFL Wolsburg – Preview


Pertandingan ini wajib dimenangkan Bayern jika ingin bertahan di puncak klasemen Bundesliga. Seri apalagi kalah artinya bisa disalip oleh Dortmund, Schalke atau Gladbach.

Bounce Back (?)

Jujur saja, waktu kalah dari Gladbach di awal musim, saya tidak terlalu khawatir. Saya yakin Bayern akan segera bangkit di pertandingan berikutnya. Kenyataannya waktu itu tak semudah yang dibayangkan. Bayern perlu gol Luiz Gustavo di menit akhir pertandingan untuk bisa memenangkan pertandingan melawan Wolfsburg.

Kali ini, Bayern akan menghadapi lawan yang sama untuk bisa meraih 3 poin penuh sekaligus mengembalikan rasa percaya diri para pemain. Dan untuk itu, Bayern perlu menajamkan serangan mereka. Dalam catatan pasca pertandingan yang ditulis di website resmi Bayern Munchen disajikan beberapa data sbb: “FCB dominated open play against Gladbach, with 64 percent of the possession, an 18-9 win in the shot count and 8-4 on corners, and 24 crosses to the home side’s two. However, Munich finished with only one goal, and only won 43 percent of their tackles, pointing up a lack of aggression, commitment and determination.”

Saya sepakat dengan kesimpulan tersebut dan to be honest, saya merasa permasalahan ini bukan baru pertama kali dihadapi Bayern musim ini. Meskipun pada beberapa pertandingan Bayern mampu menang dengan skor telak, but most of the time, Bayern gagal merubah dominasi ball possession menjadi gol atau minimal serangan yang berbahaya.

Perputaran bola berlangsung dinamis di sisi tengah, kiri dan kanan, namun tidak efisien ketika hendak memasuki jantung pertahanan lawan. Belum lagi, secara logika, lawan ketika menghadapi Bayern memiliki kecenderungan untuk memarkir bis atau bahkan truk gandeng😀

Kita perlu kreatifitas, keberanian melakukan penetrasi dan pergerakan tanpa bola yang baik. Setidaknya begitu pengamatan saya sebagai fans (bukan sebagai ahli dalam strategi sepak bola hehe). Selain itu, keanehan lain yang saya lihat ketika bertanding melawan Gladbach adalah gaya bertahan yang tidak lagi sebagai sebuah unit solid (dari pemain menyerang sampe pemain bertahan) seperti yang ditunjukkan di awal musim dan terbukti berhasil membawa Bayern mencatatkan diri sebagai tim dengan defensive record terbaik di paruh musim perdana 2011/12.

Starting line up:

Dengan cederanya DvB, maka kemungkinan starter di lini belakang ada 2: menempatkan Boateng menjadi CB bersama Badstuber dan Rafinha bermain menjadi bek kanan atau menempatkan Tymo/Gustavo di CB dan Boateng tetap di kanan. Saya sendiri lebih memilih opsi pertama. Boateng, selain belum klik dengan Robben, namun juga dirasa kurang sekali dalam membantu serangan. Sepertinya ia masih perlu adaptasi di posisi tersebut. Beda dengan Rafinha, yang secara natural memang sudah terbiasa bermain sebagi bek kanan.

Menarik juga untuk dicermati adalah komposisi pemain di lini tengah. Kembalinya Ribery setelah selesai menjalani hukuman akan membuat perubahan yang signifikan. Opsi pertama adalah mencadangkan Mueller atau Kroos (atau Robben). Sedangkan di gelandang tengah tetap diisi Bastian dan Tymo/Gustavo.

Atau pilihan berikutnya (yang saya lebih suka): Memainkan Basti dan Kroos di tengah dan di depan mereka Ribery, Mueller dan Robben. Mana yang kalian pilih atau punya opsi lain?

Wolfsburg

Pada pertandingan sebelumnya, Wolfsburg berhasil mengalahkan Koln dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut sekaligus menghantarkan mereka ke posisi 9 klasemen sementara Bundesliga (posisi terbaik mereka sejak pekan ketiga!!). Top skor mereka hingga saat ini adalah Mandzukic (8 gol). Pelatih kontroversial mereka, Magath (pernah juga melatih Bayern) cukup sering melakukan gonta ganti pemain. Selain itu, Wolfsburg kini juga dikabarkan akan segera ditinggalkan oleh 6 pemain mereka. Entahlah sejauh mana pengaruh hal ini terhadap permainan mereka di lapangan.

A Must Win Game for Bayern

Faktanya, sejak tahun 1997, Bayern hanya sekali ditahan imbang Wolfsburg di kandang sendiri, yaitu tahun 2001 dengan skor 3-3. Selebihnya, dalam 15 kali pertemuan terakhir di Munich, Bayern selalu meraih kemenangan.

Kali ini pun, jika semua berjalan normal (no penalty kicks, no red cards for bayern and no silly mistake) Bayern  diyakini akan meraih kemenangan atas Wolfsburg. Dan saya tidak terlalu peduli dengan skornya, yang penting 3 poin harus diselamatkan.

Gagal meraih 3 poin kali ini adalah sebuah serious setback. Dan sebagaimana Udo Lattek (eks pelatih Bayern, Gladbach, Schalke dan Dortmund.. what a coincidence!!) sampaikan dalam sebuah interview jika Klopp tetap menampilkan Dortmund pada performa terbaik maka Bayern bisa kehilangan peluang sebagai juara. Something that Bayern fans don’t want to see twice in a row. Definitely not!!!

 

7 thoughts on “Bayern Munchen vs VFL Wolsburg – Preview

  1. Preview yg bagus dan menarik bos. Lugas dan rinci. Btw ada acara NOBARnya ga bos?(bukan untuk member) dan mau tanya MIA SAN MIA artinya apaan yah(maklum ga sekolah🙂 ) thanks buat preview dan jawabanya…

    • thanks apresiasinya sob. mia san mia artinya kami adalah kami… sebuah ungkapan khas bavarian yg menunjukkan kepercayaan diri yg tinggi🙂 soal nobar, pantau aja di grup fcbfi di facebook atau twitternya… mau member ato ga boleh dtg kok😀

      • Oh gtu toh, satu lg bos. Kalo mo jd member tp ga pny no.reg bisa dtng lgsung ke basecamp ga n dmn basecampnya? Trus klo mo bli pernak pernik fc Bayern di jakarta dmn. Thanks banget wat jawabannya. MIA SAN MIA….

      • kalo basecamp setau saya blm ada.. tp tmn2 di jkt suka futsal di grand futsal kuningan ato kalo main bola lapangan gede di aldiron, pancoran. dateng aja walau blm jd member gpp kok🙂 soal pernak pernik, kalo official sih paling baju, ya ada di toko2 adidas.. kalo yg lain2 kayak syal, topi dll jarang kayaknya, kecuali kw😀

  2. Klo gw nih om pake formasinya kaya gini gk: neuer udh pasti LB: lahm CB: badstuber, boateng RB: rafinha
    DM: tymo, schweinsteiger AM: kroos
    LW: mueller RW: robben ST: gomez
    itu klo ribery ga main hehe

  3. Itu aduh ribery main udh dewa deh timnya. serius cuma beda di tengahnya versi ribery klo main GK dan linu belakang sama kaya diatas, beda di tengah
    DM: schweini, LM: Ribery, RM: robben, AM: kroos, mueller
    ST: gomez (ST: mueller)
    NB: mueller bisa di second striker buat bantuin gomez bisa di am jg, itu formasi dewa di fifa manajer 2012 hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s