Tiga Poin yang Penting


Entah bagaimana akhir Bundesliga musim ini, yang jelas raihan tiga poin atas wolfsburg malam ini begitu berarti.

first half

Starter yang diturunkan Jupp persis sama dengan apa yang kami perkirakan (sehati nih kita opa Jupp hehehe). Namun, sistem permainan Bayern khususnya ketika melakukan penyerangan masih monoton. Jarak antar lini juga terlalu jauh. Gomez jarang sekali mendapat asupan bola dari para midfielders.

Penonton di Allianz Arena beberapa kali menyoraki pemain-pemain Bayern karena dianggap bermain tidak optimal. Gomez sendiri sempat mencetak gol lewat sundulan kepalanya meski dianulir wasit karena sudah terlebih dahulu berada pada posisi offside. Dari siaran ulangan dapat dilihat bahwa keputusan wasit kali itu benar.

Tak lama setelah peluang Gomez, Lahm melakukan back pass yang kurang sempurna kepada Manuel Neuer. Bola berhasil direbut Mandzukic namun tendangannya masih melebar. Di menit 18, kembali Gomez mendapat peluang satu lawan satu dengan Benaglio namun entah kenapa ia gagal menendang dengan sempurna sehingga bola bisa segera dibuang oleh Benaglio.

Setelah itu tidak ada lagi peluang berarti bagi Bayern di babak pertama. Skor 0-0.

Second half

Sampai menit 59 tidak ada perubahan signifikan dalam permainan Bayern, tetap monoton. Ditambah lagi dengan disiplinnya sistem pertahanan Wolfsburg membuat pemain-pemain Bayern seperti kehilangan akal mendobrak pertahanan mereka. Beruntung dari sebuah set piece di sisi kanan kotak pinalti Wolfsburg, free kick Kroos berhasil disundul Gomez. Bola rebound kembali ditendang Gomez dengan kaki kirinya dan merubah kedudukan menjadi 1-0.

Beberapa pergantian pemain dilakukan Jupp. Gustavo menggantikan Muller. Olic menggantikan gomez. Dan terakhir Alaba menggantikan Ribery. Di antara menit 80-90, Wolfsburg mendapat dua peluang lewat free kick sedikit saja di luar kotak pinalti Bayern. Bersyukur keduanya terbuang sia-sia. Malah Bayern yang berhasil menambah gol melalui setting serangan yang cepat melalui sebuah lemparan ke dalam.

Olic berlari kencang mengejar bola dan me-lob bola melewati kiper Benaglio. Sejauh yang kami lihat, bola belum melewati garis gawang dan berhasil ditendang keluar oleh bek lawan, namun Robben berdiri tepat di depan garis gawang dan berhasil “menangkis (dengan tangan)” bola tersebut dan akhirnya masuk ke gawang. 2-0 untuk the bavarian.

Siapa yang sesungguhnya mencetak gol? Olic atau Robben? Well, who cares… but if I have to believe my own eyes, then it was a goal by Robben.

Dengan hasil ini, Bayern Munchen masih memuncaki Bundesliga, selisih gol saja dengan Dortmund yang menang 3-1 atas Hoffenheim.

Terakhir, secara khusus saya mengapresiasi Ribery yang bermain luar biasa malam ini.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s