Thumbs up and Thumbs down


Kalian tentu sudah tahu bahwa tadi malam bayern hanya bisa bermain imbang 1-1 dengan hamburg. Hasil ini membuat bayern terpeleset ke peringkat 2 bundesliga di bawah borussia Dortmund.

Berikut hal-hal yang menurut saya layak mendapat thumbs down:
#permainan babak pertama Bayern. Berdasarkan pengamatan saya, ini kali ketiga berturut-turut bayern seperti mengalami kebingungan bermain di babak pertama. 45 menit yang terbuang begitu saja akibat pola permainan yang kurang jelas. 3 kali sudah di paruh musim kedua ini bayern gagal mencetak gol di babak pertama.
#positioning dalam bertahan. Entah itu ketika melawan gladbach, Wolfsburg dan tadi malam melawan hamburg,pola defensif kita mengingatkan saya akan buruknya pertahanan bayern musim lalu. Gol hamburg tadi malam berawal dari tidak sempurnanya sundulan boateng dalam membuang bola. Akibatnya, pemain hamburg bisa mengumpan kepada jacopo sala yang berdiri benar-benar bebas. Lahm yang harusnya menjaganya malah berdiri di tengah kotak pinalti, entah menjaga siapa.

#Turning possession into goals. Ini masalah terbesar bayern saat ini. Sudah sering saya tulis, so no further comment this time.
# wasit. Jika gol bayern di babak pertama disahkan wasit, tentu hasil akhir bisa jadi lain. Dan menurut saya tidak benar bahwa Gomez melakukan pelanggaran terhadap bek lawan.

Now, let’s see the thumbs up:
#alaba bermain bagus dalam bertahan. Ia masuk di babak kedua dan bermain sebagai wing back kiri. Beberapa kali ia mampu melakukan tackling yang sangat baik dan mampu menggagalkan serangan hamburg.
#olic. Juga masuk di babak kedua Dan kembali membuat perbedaan bagi bayern. Golnya membuat permainan bayern jauh lebih hid up dari sebelumnya.
#20 menit terakhir bayern bermain menyerang habis-habisan. Watch my words: menyerang, bukan cuma menguasai bola. Meskipun gagal menciptakan gol tambahan, tapi saya pribadi berharap bayern bisa terus bermain seperti itu, agresif.
#taktik fink tadi malam begitu luar biasa. Strong and tight in defense while sharp on attacking. Perasaan bayern periode September-oktober tahun lalu mainnya seperti itu juga. Kenapa sekarang jadi agak memble ya?? Tanya kenapa…
#terakhir, yang perlu dapat thumbs up adalah teman-teman fans bayern di Indonesia yang setia menantikan bayern bermain meskipun dini hari dan mungkin sebagian hanya “nonton” lewat livetwit atau livescore, but they are there for bayern. Thumbs up!

Pertandingan selanjutnya adalah di dfb pokal melawan Stuttgart dan kemudian menjamu koln di bundesliga. May we see radical changes in our system of play. Please, jupp, do something.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s