Nonton Bayern via Live Streaming


Dear Bayern fans di Indonesia, melalui tulisan ini saya mau berbagi tentang cara menonton pertandingan via live streaming (internet). Ya, siapa tahu ada yang belum tahu, mungkin tulisan singkat kami ini bisa membantu. Yang jelas, musim ini, bisa dibilang tidak ada cara lain (selain live streaming) bagi fans Bayern di Indonesia untuk menyaksikan setiap laga Bayern karena tidak ada TV lokal Indonesia yang menyiarkan Bundesliga apalagi DFB Pokal. Untuk liga champions, memang ada stasiun TV lokal yang menyiarkan, tapi tidak ada jaminan bahwa setiap Bayern main pasti akan disiarkan. Malah berdasarkan pengalaman, Bayern bukan pilihan utama bagi stasiun TV tersebut.

So, let’s get started.

Untuk bisa nonton via live streaming dengan nyaman, anda perlu koneksi internet yang cepat dan stabil. Saya ga akan promosikan provider tertentu disini, tapi based on my experience, perlu internet dengan kecepatan minimal 384 kb/s. Kalau di bawah itu, biasanya koneksi akan terputus-putus. Meskipun tergantung juga sih, kalau kuota bulanan anda masih di bawah target, kemungkinan anda masih bisa menyaksikan laga dengan lumayan lancar.

Setelah anda punya koneksi internet yang ciamik, anda bisa browsing berbagai channel TV di internet yang biasanya menyiarkan laga live Bundesliga. Namun untuk lebih mudahnya, lebih baik anda masuk ke website yang langsung menyediakan beberapa link siaran Bundesliga, misalnya website firstrowsports.eu atau atdhe.tv. Jujur saja, dengan adanya rencana pemerintah US menerapkan kebijakan SOPA (cari sendiri ya kebijakan apa ini hehe) website-website semacam yang saya sebutkan di atas terus dipantau dan ada kemungkinan di blokir.

Atdhe sendiri dulunya berdomain .net, tapi begitu diblokir, mereka berpindah ke .tv, sedangkan firstrowsports sendiri baru kemarin berubah dari .com ke .eu. Setelah anda masuk ke website tersebut, biasanya akan ada link ke tiap pertandingan, ambil contoh kemarin Hamburg vs Bayern. Klik saja link tersebut, maka Anda akan terhubung ke pilihan-pilihan/alternatif TV asing yang menyiarkan pertandingan itu secara live. Biasanya untuk setiap pertandingan Bundesliga, bisa sampai 7 bahkan di atas 10 alternatif channel, mulai dari yang berbahasa Inggris, Jerman, Spanyol, China dsb. Silahkan anda pilih mana yang siarannya paling lancar. Kalaupun agak macet di tengah jalan, anda tinggal pindah ke link yang lain.

Begitu saja sedikit tutorial dari kami. Semoga membantu. Kalau ada pertanyaan, bisa tinggalkan komentar. Yang jelas, setiap laga Bayern, kami akan usahakan share link yang kami gunakan. Tapi kalau anda sudah baca tutorial sederhana ini, anda bisa langsung menuju TKP😀

Cheers. BAYERN FOREVER!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s