Target yang Lain


Entahlah apakah para pemain saat ini sudah bisa melupakan untuk sesaat kegagalan mereka meraih tiga poin di kandang HSV yang berbuntut terpelesetnya mereka dari tahta Bundesliga. Tapi sebagai fan, saya ingin sekali mengalihkan perhatian untuk sementara ke DFB Pokal.

Pada kamis dini hari, Bayern akan bertamu ke VFB Stuttgart untuk menjalani “The South German Derby” dalam lanjutan DFB Pokal. Pertemuan terakhir keduanya dimenangkan oleh Bayern Munich dengan skor 2-1. Dua gol Bayern diciptakan oleh mantan pahlawan Stuttgart, Mario Gomez.

Optimalkan Babak Pertama

Sudah lima pertandingan resmi terakhir, Bayern gagal mencetak gol di babak pertama! Mereka dominan menguasai bola, tapi bermain tanpa pola yang jelas dalam menyerang. Saya yakin Jupp sudah notice tentang hal ini. Pertanyaannya, mampukah para pemain serang Bayern menerapkan skema menyerang yang lebih tajam pada laga kontra Stuttgart?

Entahlah dengan kalian, tapi setelah beberapa performa “biasa-biasa saja” dari Bayern, saya tertarik ingin melihat lagi Bayern bermain dengan sistem 4-4-2, apalagi di tengah meningkatnya performa Olic yang mencetak dua gol di dua pertandingan terakhir (well, gol lawan Wolfsburg officially atas nama Robben, but we knew who was the real goal scorer). Selama pertandingan uji coba di winter break juga, Olic menjadi striker paling tajam. Maybe this is not a perfect time to switch game plan, but who knows Jupp will try it? Apalagi di laga terakhir, pola dua striker digunakan Jupp dan berhasil memborbardir pertahanan HSV.

Jika sampai pola 4-4-2 yang diturunkan, maka saya memperkirakan starter seperti ini: Neuer-Lahm-Badstuber-Boateng-Rafinha-Ribery-Basti-Kroos-Robben-Gomez-Olic. Tapi jika tetap 4-2-3-1, kita tahulah akan seperti apa kurang lebih skuad yang akan diturunkan Jupp.

Soliditas Pertahanan

Lini pertahanan Bayern adalah lini yang kembali paling disorot di awal paruh musim kedua. Setelah sempat tampil begitu solid di awal-awal musim 2011/12, performa defensif Bayern menurun drastis. Tidak lagi kita lihat gaya bertahan “defense as one unit”. Selain itu, para pemain bertahan juga tidak disiplin dalam menjaga pos masing-masing and somehow, Neuer seems a little bit vulnerable in the last three matches. Saya tidak tahu pasti apa resep Jupp ketika membuat pertahanan Bayern begitu solid. Yang jelas, kita butuh pertahanan solid itu kembali sesegera mungkin.

Stuttgart

Pada pertandingan terakhir mereka berhasil mencuri poin dari kandang Leverkusen dengan skor 2-2 dan saat ini bertengger di posisi ke-11 Bundesliga. Musim ini mereka tergolong tidak konsisten, meskipun dari komposisi pemain sebenarnya tidak bisa dianggap remeh. Perjalanan mereka hingga ke perempat final DFB Pokal musim ini juga tidak terbilang mulus. Mereka “hanya” menang 2-1 atas SV Wehen Wiesbaden di putaran pertama. Lalu mereka melewati hadangan Frankfurt dengan skor 3-0. Dan Desember lalu, di putaran ketiga mereka mengalahkan HSV.

Perempat Final

Selain VFB Stuttgart vs Bayern, perempat final DFB Pokal musim ini menggelar partai-partai berikut:

Holstein Kiel vs Dortmund

Hoffenheim vs Greuther Furth

Hertha Berlin vs Gladbach

A little bit of statistic

Sebelum pertandingan yang digelar lusa, Bayern selalu menang atas Stuttgart ketika bertemu di DFB Pokal. Terakhir, pertemuan mereka di DFB Pokal berlangsung musim lalu dan sangat seru, berakhir dengan skor 3-6. Setelah sempat imbang 3-3, gol-gol dari Muller, Klose dan Ribery tak mampu lagi disamai Stuttgart.

Secara total, di semua kompetisi, Bayern sudah menang 15 kali atas Stuttgart, kalah 5 kali dan seri 4 kali. Rata-rata Bayern berhasil mencetak 2 gol per pertandingan.

Hope

Kita perlu menang dalam partai ini untuk memastikan salah satu target gelar juara tetap berada dalam jangkauan. Selain itu, kemenangan diharapkan bisa menjadi pondasi bagi perbaikan mental para pemain.

Mia San Mia. Forever FC Bayern!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s