A Life without Basti pt 2


Seperti perjalanan tokoh protagonis dalam sebuah sinetron yang penuh dengan drama, begitu juga halnya dengan perjalanan Basti di musim ini. Penuh dengan klimaks dan anti klimaks. Sebagai sentral permainan Bayern, kehadirannya berpengaruh bagi keseluruhan tim. Dan kini, untuk kedua kalinya dalam musim 2011/12, Bayern harus menjalani berbagai laga tanpa kehadiran sang jendral.

Meski tim medis Bayern belum bisa menyebutkan tanggal pasti kembalinya sang bintang, tapi biasanya cedera ligamen engkel seperti yang dialami Basti bisa memakan waktu hingga 4-6 pekan.

Berikut beberapa laga yang mungkin akan dilakoni Bayern tanpa Basti: vs Kaiserslautern, Freiburg, Schalke, Leverkusen dan Hoffenheim (Bundesliga). Sedangkan di liga champions, setidaknya laga home and away dengan Basel hanya bisa disaksikan Basti dari pinggir lapangan atau bahkan dari rumah sambil berduaan dengan Sarah!!!

Dan para ahli serta fans berlomba-lomba membuat prediksi akan seperti apa skuad Bayern sepeninggal Schweini. Sebagai salah satu ahli (maksud saya fan), saya pun (sok-sok-an) membuat prediksi line up (as if Jupp will need my opinion!! hahaha). Tapi mari kita perhatikan dulu bagaimana Jupp dan tim menghadapi “hilangnya” Basti pada drama A Life Without Basti pt 1. Berikut rinciannya, setidaknya dalam laga-laga Bundesliga:

vs Freiburg: replaced by alaba. Bayern won 2-1.

vs Dortmund: replaced by Kroos. Bayern lost 1-0. D**n you, Goetze😀

vs Mainz: replaced by alaba. Bayern lost 3-2.

vs Bremen: replaced by alaba. Bayern won 4-1.

vs Stuttgart: replaced by kroos. Bayern won 2-1.

vs Koln: replaced by kroos. Bayern won 3-0.

Catatan lain yang perlu saya tambahkan adalah ketika Muller, Robben dan Ribery fit, Jupp lebih memilih memainkan Kroos ketimbang Alaba. Dan menurut saya pribadi, formasi ini lebih ideal. Memang minusnya adalah Kroos harus beralih dari posisi “favoritnya” sebagai CAM dan memberikan posisi tersebut kepada Muller. Namun, bagaimanapun, saya merasa Bayern lebih safe dengan Kroos di tengah ketimbang Alaba. Alaba adalah talented player, tapi sepertinya untuk sementara lebih baik dia masuk sebagai pemain pengganti manakala diperlukan. Lagipula, rasanya sayang sekali kalau salah satu dari Robben, Ribery dan Muller harus dicadangkan untuk memasukkan Alaba yang secara pengalaman masih jauh dibanding nama-nama yang tadi saya sebut.

Kita lihat saja bagaimana Jupp menentukan skuadnya ketika menghadapi Kaiserslautern besok malam. Sedikit informasi saja tentang Kaiserslautern: Pada pertandingan pertama, Bayern mampu mengalahkan mereka di kandang sendiri dengan skor telak 3-0 melalui hattrick super Mario. Saat ini mereka terpuruk di posisi ke 16 klasemen sementara Bundesliga dengan defisit gol 9. Mereka belum pernah menang sekalipun dalam 10 laga terakhir Bundesliga. Kemenangan mereka terakhir diraih atas Freiburg pada 22 Oktober 2011!!!

My point is, tidak selayaknya gawang Neuer dibobol oleh Kaiserslautern. Dan poin selanjutnya, saya berharap gaya menyerang Bayern bisa sebagus ketika mengalahkan Stuttgart beberapa hari yang lalu. Jika bisa, saya yakin skor telak bisa kita peroleh lagi atas Kaiserslautern. Sekaligus terus memberi pressure kepada Dortmund yang pekan ini akan menjamu tim labil, Leverkusen.

Pada tulisan ini, saya juga akan sekedar memberikan informasi (just in case ada yang belum tahu): Bayern resmi akan mengontrak Xherdan Shaqiri mulai Juli 2012 dengan kontrak selama empat tahun. Dia merupakan pemain Swiss dengan talenta yang luar biasa. Semoga dia bisa beradaptasi dengan cepat dan memberi kontribusi positif bagi Bayern mulai musim mendatang. More about this player, we will write later this month😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s