Pelatih Bayern yang Gagal Memberi Gelar Juara


Baru saja kami bikin survey kecil-kecilan di twitter, menanyakan rekan-rekan fans Bayern mengenai kemungkinan Jupp Heynckes dipecat sebelum musim ini berakhir. Berikut beberapa tanggapan mereka:

@agungprastyo bisa aja, kalo bayern gagal di UCL😐

@RakaYoga mungkin min, JH seperti gapunya banyak strategi buat maksimalin squad bayern dlm kondisi apapun

@LiAtrifia kayaknya nggak,krn awal musim kmrn bayern baik2 aja kan, cuma lg apes

@SyafinaBavarian belum min..kayaNa liat musim besok..klo smpe gagal juara tengah musim taun besok..kemungkinan besar dpecat..

@agoroaga bisa saja jupp akan dipecat, tapi setelah melihat match bundes,UCL, dan penentu keputusannya setelah match Pokal nanti.

@benyZx posisina msh aman menurut sy

@Nathania_FCB kemungkinan ada, Villas-Boas pun begitu.. Tapi kemungkinannya kecil.. Sebab peluang gelar utk Bayern masih ada..🙂

Well, cukup variatif pendapatnya ya dan kita mesti respek terhadap pendapat siapapun, apalagi sesama fans Bayern😀

Namun, pada kesempatan ini saya ingin mengajak kita melihat fakta pelatih-pelatih Bayern yang tidak pernah berhasil membawa Bayern Munchen menjadi juara sekalipun.

1. Gyula Lorant

Pelatih Bayern asal Hongaria ini merupakan eks pemain timnas dan bahkan masuk dalam tim Hongaria di era keemasan (jaman Puskas). Ia melatih Bayern sejak 2 Desember 1977 sampai 28 Februari 1979. Atau 454 hari. Dan pada periode itu ia tidak berhasil memberi satu gelar pun kepada Bayern dan ia pun harus mundur dari tahta pelatih Bayern Munchen.

2. Soren Lerby

Pelatih asal Denmark ini sempat bermain untuk Bayern Munchen dan berhasil memenangkan gelar Bundesliga sebanyak dua kali. Namun sebagai pelatih, ia tidak berhasil memberi titel juara bagi Bayern Munchen. Keberadaannya di Bayern sebagai pelatih hanya bertahan selama 155 hari setelah Bayern terus mendapat hasil yang kurang baik, termasuk tereliminasi dari UEFA Cup oleh klub B 1903.

3. Erich Ribbeck

Ribbeck menggantikan Soren Lerby. Dia ini pelatih yang paling lama bertahan meski tak berhasil memberi satu gelarpun, yaitu selama 656 hari. Ia kemudian digantikan oleh Beckenbauer.

4. Giovanni Trapattoni

Ia gagal memberikan gelar di kali pertamanya melatih Bayern yaitu di musim 94/95. Dan hanya semusim itu saja ia dipertahankan sebelum kembali direkrut sebagai pelatih Bayern tahun 1996.

5. Otto Rehhagel

Suksesor Trapattoni ini pun gagal membawa Bayern menjuarai apapun selama hampir setahun melatih Bayern. Ia tidak harmonis dengan para pemain. Selain itu rangkaian hasil buruk membuat ia dipecat tiga minggu jelang final UEFA Cup tahun 1996. Beckenbauer menggantikannya dan berhasil membawa Bayern menjuarai UEFA Cup tahun itu.

6. Jurgen Klinsmann

Keberhasilannya memimpin timnas Jerman memicu manajemen Bayern untuk merekrutnya sebagai pelatih. Namun sayang, di Bayern ia bisa dikatakan gagal karena tak bisa memberi gelar juara bagi tim bavaria ini. Bahkan tak sampai semusim, ia sudah didepak dan hingga akhir musim Bayern dilatih oleh Heynckes.

Dari fakta-fakta di atas bisa disimpulkan bahwa memang tekanan bagi pelatih Bayern Munchen sangatlah kuat. Kegagalan menjadi juara bisa segera berujung kepada pemecatan. Secara pribadi, saya masih berharap Jupp dipertahankan. Tapi jika lawan Hoffenheim, Basel dan Gladbach di DFB Pokal tak berjalan mulus, maka kemungkinan besar Jupp akan dipecat sebelum musim ini berakhir.

One thought on “Pelatih Bayern yang Gagal Memberi Gelar Juara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s