Bayern Munchen vs Basel (A different game)


Saya mengambil “tema” laga Bayern Munchen vs Basel di leg kedua Liga Champions dengan kalimat: A Different Game. Apa kamsudna eh maksudnya?

# Pertandingan terakhir Bayern begitu impresif, bukan sekedar soal skor tapi juga dari sisi permainan. Hoffenheim dipermalukan 7-1. Pertanyaannya: apakah performance yang sama akan terulang pada leg kedua melawan Basel besok? Kalau menilik konsistensi Bayern di paruh kedua musim 2011/12, maka jawabannya: belum pasti. Meskipun Jupp berkata setelah pertandingan: “Today’s match will be a boost for Tuesday.” Karena memang fakta menunjukkan bahwa performa Bayern setelah bergulirnya paruh musim kedua masih labil. Bisa di sebuah pertandingan begitu dominan dan menang, tapi selanjutnya bermain layaknya tim yang kebingungan menemukan pola permainan.

Namun demikian, di sisi lain, kita juga layak optimis karena pertandingan digelar di Allianz Arena. Tempat dimana sejauh ini (paruh musim kedua) kita selalu menang. Dan kemenangannya selalu dengan selisih dua gol. Sebuah selisih gol (minimal) yang kita perlukan untuk melewati hadangan Basel dan lolos ke babak selanjutnya.

# Pertandingan di leg pertama juga bisa dipandang sebuah “keberuntungan” tapi juga “kesialan”. Keberuntungan karena sebenarnya Basel punya cukup banyak peluang emas yang gagal menjadi gol. Selain Neuer bermain cukup baik, tiang gawang bermain lebih baik lagi🙂 Disebut kesialan karena Bayern juga gagal mengkonversi beberapa peluang yang dimiliki untuk mencuri gol di kandang lawan.

Jadi, sangatlah baik (menurut saya) untuk memandang pertandingan besok sebagai sebuah different game dan tidak perlu terlalu dibanding-bandingkan setidaknya dengan laga terakhir lawan Hoffenheim atau ketika leg pertama di Swiss. Karena membandingkan dengan hoffenheim bisa berujung kepada kepongahan, sedangkan membandingkan dengan leg pertama, hanya bisa berujung dengan kecemasan.

Semoga mentalitas bertarung habis-habisan bisa ditunjukkan para pemain Bayern (seperti apapun skuad yang diturunkan Jupp) karena hal ini akan menjadi kunci mengingat Basel sendiri punya confidence level yang tinggi berkat penampilan cemerlangnya baik di Liga Champions maupun liga domestik.

Catatan tambahan: mengenai apakah laga ini disiarkan secara langsung via televisi lokal/berbayar di Indonesia, jujur saja kami sampai saat ini belum tahu. So, kalau mau pasti, mending via live streaming saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s