Bayern Munchen vs Gladbach part III


Semifinal DFB Pokal antara Gladbach dan Bayern menjadi pertemuan ketiga antara keduanya musim ini. Dua pertandingan pertama berakhir untuk kemenangan Gladbach. Kali ini, Bayern dan Gladbach akan menjalani laga hidup mati untuk merebut satu tiket lagi ke final DFB Pokal, setelah satu tiket berhasil diraih Dortmund kemarin.

Beberapa hal yang terkait dengan laga ini akan saya share:

# Bayern selalu menang dalam pertemuan melawan Gladbach di DFB Pokal. Bahkan terakhir, tim reserves Bayern juga mampu mengalahkan Gladbach lewat drama adu pinalti. Yang jelas, pertemuan keduanya berlangsung sengit, tak jarang harus sampai perpanjangan waktu bahkan adu pinalti.

# Ter Stegen menjadi salah satu kekuatan utama pertahanan Gladbach yang membuat rekor defensif mereka musim ini luar biasa. Bahkan di Bundesliga, jumlah gol yang bersarang ke gawang Gladbach masih lebih baik (beda 1 gol) ketimbang Bayern. Itu cukup untuk menggambarkan kekuatan lini pertahanan Gladbach. Dante dan Stranzl cukup solid sebagai duo centre back.

# Robbery. Duet Robben dan Ribery tak tampil optimal dalam dua laga sebelumnya melawan Gladbach. Ribery sendiri bahkan tidak bermain pada laga away Januari lalu dikarenakan terkena larangan bermain setelah di kartu merah wasit pada laga melawan Koln. Sedangkan di laga perdana, Ribery harus bermain selama 65 menit saja dan tidak terlalu berada dalam kondisi fisik prima. Begitu pula dengan Robben yang di dua laga sebelumnya bermain tidak dalam kondisi fisik 100% fit.

# Blunder Neuer (and poor defense). Baik pada laga pertama maupun kedua, Neuer melakukan blunder. Bahkan blunder di laga kedua lebih parah lagi karena maksudnya untuk membuang bola malah berubah menjadi umpan bagi Reus yang lalu dengan mudahnya menceploskan bola ke gawangnya. Namun, jangan salahkan Neuer seorang. Pertahanan Bayern terlihat sangat rentan pada dua laga sebelumnya, apalagi di laga kedua. Lahm dinilai sering terlambat mengcover wilayahnya setelah asik menyerang, Rafinha gagal mengcover Robben ketika kehilangan bola, sementara duo Bads dan Boa seperti kesulitan menerka pergerakan Hanke, Reus, Arango dan Herrmann.

# Confidence. Gladbach, sejauh yang saya amati merupakan tim yang confidence levelnya sangat tinggi. Lihat saja komentar-komentar Reus atau Hanke yang sangat optimistis, bahkan mungkin terkesan sombong. Beda dengan pemain-pemain Bayern yang relatif mengeluarkan statement-statement merendah. Pressure jelas ada pada kubu Bayern. Tapi semoga hal itu tidak membuat permainan Bayern menjadi kurang lepas sebagaimana di dua laga sebelumnya.

Semoga Bayern meraih kemenangan malam ini. See you at 02.30 wib…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s