Review: Marseille vs Bayern Munchen


 

The Game

Bayern menunjukkan dominasinya sejak awal pertandingan. Meski berpredikat sebagai tim tamu, tapi Bayern Munchen justru berhasil menekan pertahanan Marseille. Pun demikian, Marseille punya beberapa peluang emas baik di babak pertama maupun kedua. Di babak pertama misalnya, tendangan Remy dari jarak begitu dekat dengan gawang masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Neuer. Di babak kedua, Remy juga sempat setidaknya dua kali mencoba melepaskan tendangan ke arah gawang, tapi keduanya masih bisa digagalkan Neuer. Crossing-crossing Marseille juga cukup baik, selalu mampu memberikan tekanan berarti bagi pertahanan Bayern.

Tapi terlepas dari hal tersebut, Bayern Munchen bisa dibilang benar-benar mendikte permainan. Pressing yang tidak terlalu ketat dari pemain-pemain Marseille ketika Bayern memasuki wilayah mereka membuat Kroos, Robben dan Muller cukup leluasa memainkan bola dan mengatur irama permainan. Hanya Ribery yang bermain tidak maksimal dini hari tadi. Entahlah apa itu karena tekanan suporter Marseille kepada dirinya atau pengaruh kelelahan fisik belaka. Overall, Bayern menguasai 58% ball possession. Selain itu mereka sangat efektif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Terbukti dari tiga shot on goals, dua diantaranya berhasil menjadi gol.

Gol pertama diawali melalui serangan balik yang dimotori oleh Lahm. Robben lalu memberikan thru pass kepada Gomez yang langsung menendang ke arah gawang. Andrade, yang memang sepanjang pertandingan terlihat nervous, gagal menghadang tendangan tersebut. Itu merupakan gol ke-sebelas Gomez di Liga Champions musim ini. Sedangkan gol Bayern di babak kedua adalah hasil dari kerjasama satu dua antara Robben dan Muller. Robben yang akhirnya terlepas dari pengawalan defenders Marseille dengan mudahnya menceploskan bola ke gawang Andrade.

The Fans

Kontras sekali saya melihat fans kedua klub tadi malam. Fans Marseille terlihat kurang cerdas dengan sibuk menekan Ribery dengan menyorakinya setiap ia menguasai bola dan lupa menyemangati timnya sendiri :p

Sedangkan fans Bayern yang hadir langsung di stadion terlihat begitu energetik memberi dukungan bagi timnya. Bahkan nyanyian mereka sering kali lebih terdengar ketimbang fans tuan rumah.

Bagaimana dengan fans Bayern di Indonesia? Luar biasa. Meski cuma bisa menonton via live streaming atau bahkan hanya memantau live tweet, mereka tetap excited. Two thumbs up for you friends!!

The Yellow Cards Strategy (?)

Wasit Carlos Velasco Carballo benar-benar keterlaluan. Ia memberikan 5 kartu kuning untuk pemain Bayern!! Lahm, Kroos, Gustavo, Bastian dan Alaba menjadi korbannya. Bahkan dengan kartu kuning di laga tadi, Basti tidak bisa membela Bayern di leg kedua karena terkena akumulasi kartu. Sedangkan Lahm, Kroos, Gustavo, Alaba, Muller dan Boateng juga harus ekstra waspada di partai-partai selanjutnya. Bagi Muller, Kroos, Gustavo dan Boateng, mereka akan dapat larangan bermain jika sekali lagi mendapat kartu kuning. Sedangkan Alaba dan Lahm, jika mendapat dua kartu kuning lagi.

Berikut saya kutip regulasi tentang yellow card dan red card di UCL musim ini: from the first match in the group stage, a player is suspended for the next
competition match after three cautions in three different matches, as well
as following any subsequent odd-numbered caution (fifth, seventh, ninth,
etc.).

Saya sempat agak curiga, apakah hal ini disengaja oleh si wasit asal Spanyol tersebut, mengingat Bayern Munchen bisa jadi merupakan lawan potensial yang mungkin dihadapi oleh tim-tim asal negaranya. Dan kenapa juga UEFA memilih wasit asal Spanyol untuk laga ini? Well, ini mungkin hanya pikiran liar saja, namun yang jelas Bayern sangat dirugikan dengan kartu-kartu kuning tersebut.

As Jupp said after the game: “The only thing I have to complain about is that we picked up five yellow cards, which is far too many.”

 

Have a great day, Bavarian!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s