Preview: Dortmund vs Bayern Munchen


 

Statistik

Kita bisa explore berbagai data statistik yang ada antara kedua tim, tapi intinya adalah mereka adalah tim terkuat Bundesliga musim ini dan punya sejarah rivalitas yang cukup panjang. But, let us share some facts with you:

1. Kedua tim secara overall sudah bertemu 85 kali di Bundesliga dan Bayern menang sebanyak 38 kali, draw 26 kali dan kalah 21 kali.

2. Ketika pertandingan digelar di kandang Dortmund, Bayern Munchen kalah 13 kali, menang 12 kali dan seri pada 17 pertandingan. Dortmund mencetak 64 gol dan kebobolan 59 kali.

3. Tiga pertandingan antara keduanya selalu berakhir dengan kemenangan Dortmund. Terakhir mereka mengalahkan Bayern Munchen di Allianz Arena dengan skor tipis, 1-0. Gol dicetak oleh Mario Gotze.

4. Musim ini kedua tim termasuk superior dalam urusan mencetak gol (Bayern 69, Dortmund 66) dan juga punya pertahanan yang kuat (Bayern kebobolan 19 gol, Dortmund 22 gol).

5. Performa Bayern dalam 5 pertandingan terakhir Bundesliga lebih baik ketimbang Dortmund meskipun Dortmund tetap belum terkalahkan dalam 23 laga terakhir mereka. Hal ini merupakan rekor tersendiri bagi Dortmund. Dan jika mereka menang atau draw dengan Bayern, maka mereka akan menyamai rekor Leverkusen yang tidak pernah kalah selama 24 kali pertandingan ketika masih dilatih oleh Jupp Heynckes.

More Than Statistic

Gelaran pertadingan nomor 86 antara keduanya yang akan berlangsung pada Kamis dinihari jam 1.00 WIB lebih dari sekedar angka-angka statistik. Pertandingan kali ini bagi banyak kalangan dianggap sebagai title decider. Kemenangan Dortmund akan membuat selisih poin menjadi enam dan bagi Mats Hummels, itu tidak akan bisa dikejar lagi oleh Bayern. Sedangkan kemenangan Bayern ataupun hasil imbang akan membuat panas persaingan keduanya untuk merebut gelar Bundesliga musim 2011/12.

Players

Dortmund:

# Mario Gotze sudah kembali mengikuti full training pada hari Selasa minggu lalu. Meskipun tidak disertakan Klopp dalam skuadnya ketika menghadapi Wolfsburg akhir pekan lalu, bukan berarti Gotze pasti tidak tampil dalam laga melawan Bayern.

# Robert Lewandowski merupakan salah satu pemain Dortmund yang sedang on fire. Saat ini ia berada di posisi ketiga top scorer Bundesliga dengan 19 gol. Dan jika sedang buntu mencetak gol, Lewandowski juga punya kemampuan yang cukup mumpuni untuk membuka ruang gerak timnya di lini depan dan bahkan memberikan assist.

# Selain Lewandowski, Kagawa juga cukup sering menjadi penyelamat Dortmund dalam berbagai laga. Ia kini menjadi pencetak gol kedua terbanyak di Dortmund dengan 12 gol dan menjadi salah satu dari enam pemain Dortmund yang sudah menembus waktu bermain 2000 menit di Bundesliga musim ini.

Bayern Munchen:

# Terlepas dari DvB yang masih diragukan bisa tampil, seluruh pemain inti Bayern Munchen siap bermain. Tidak ada pemain yang cidera atau terkena akumulasi kartu kuning.

# Diskusi yang cukup hangat terjadi di kalangan fans perihal siapa yang akan menempati lini tengah Bayern: Basti-Gustavo? atau Basti-Kroos? atau Kroos-Gustavo? Personally, I choose the second one. Kita perlu pemain-pemain yng punya mind set menyerang dalam laga krusial ini.

# Lini pertahanan perlu konsentrasi tinggi dan fokus sepanjang laga. Gol Dortmund di pertemuan perdana adalah akibat lengahnya lini pertahanan Bayern khususnya Boateng dan Rafinha. Sambil tentu saja berharap Neuer kembali tampil superb.

Game Plan

Kedua tim saya perkirakan akan bermain menyerang. Dortmund sebagai tim tuan rumah tentu juga ingin membuat selisih poin dengan Bayern semakin menjauh. Sedangkan tim tamu pun jelas punya ambisi yang sama untuk meraih 3 poin. Oleh karenanya, kedua tim tentu akan mencoba mengambil inisiatif penyerangan. Dan seringkali hal ini ditentukan oleh siapa yang mampu menguasai lini tengah. Apalagi formasi kedua tim pada dasarnya sama, yaitu 4-2-3-1.

Pada pertemuan terakhir keduanya, Bayern mendominasi ball possession sebanyak 64% dan berhasil melakukan upaya mencetak gol sebanyak 17 kali, namun yang on target hanya 3. Dortmund sendiri dari 2 kali upaya on target, 1 diantaranya membuahkan gol.

Saya masih meyakini Bayern akan kembali menguasai jalannya pertandingan. Dua winger kelas dunia yang dimiliki Bayern akan menjadi tumpuan serangan. Dan jika Robben dan Ribery akan coba dikunci pergerakannya, Muller, Kroos dan Gomez bisa mendapat celah untuk melakukan shooting jarak jauh ataupun penetrasi ke kotak pinalti lawan. Dua wing backs juga diharapkan mampu balance dalam menyerang maupun bertahan. Dortmund punya kemampuan melakukan serangan balik yang cepat, oleh karenanya kalau wing backs kita keteteran, maka Boa dan Badstuber akan dipaksa untuk meninggalkan posnya untuk mengcover ruang yang ditinggalkan wing backs.

After all, hopefully we can win the game, no matter how😀

Quotes

“On Wednesday, it´s going to be a clash of footballing cultures,”  Jurgen Klopp

“a meeting between the best two teams, who are on a par with each other,” Karl-Heinz Rummenigge

“Obviously, it’s a crucial match, and we can go back to the top of the table. But there are still a few games to go afterwards.” Lahm

One thought on “Preview: Dortmund vs Bayern Munchen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s