(Semoga) Bayern Menolak Mengibarkan Bendera Putih


 

Pertandingan yang dinanti-nantikan itu telah usai. Dortmund berhasil mengalahkan Bayern dengan skor tipis 1-0 melalui gol Lewandowski. Di babak pertama, Dortmund bermain lebih baik, namun di babak kedua, Bayern Munchen sebenarnya mendominasi permainan. Berikut beberapa catatan yang bisa kami bagikan:

Kritik Terhadap Pemain (Bukan Berarti Benci)

Setelah pertandingan usai, banyak fans Bayern yang mengkritik beberapa pemain Bayern, khususnya Robben. Ya, harus diakui, Robben selain bermain biasa-biasa saja, namun juga menjadi “penentu” hasil pertandingan malam tadi. Adalah Robben yang terlambat mensejajarkan diri dengan pemain-pemain bertahan Bayern sehingga Lewandowski tidak terjebak offside dan dengan mudahnya mengubah arah bola tendangan Großkreutz’ ke sisi kanan gawang Neuer. Neuer terlanjur mati langkah. Dortmund pun unggul 1-0.

Adalah Robben juga yang memberi harapan untuk setidaknya menyamakan kedudukan lewat titik pinalti setelah dirinya dijatuhkan Weidenfeller. Namun sayang tendangannya begitu lemah dan mudah sekali ditangkap kiper.

Namun, saya mau mengingatkan bahwa bukan cuma Robben yang bermain di bawah peak performance tadi malam. Ribery, Muller dan Gomez juga bermain “ala kadarnya”. Tidak ada penetrasi brilian dari Ribery sebagaimana biasanya. Muller terkesan malas mencari bola dan Gomez seperti kebingungan membuka ruang gerak bagi dirinya di tengah ketatnya penjagaan Hummels.

But please also remember, pemain-pemain ini jugalah yang dalam sebulan terakhir memberikan kontribusi optimal bagi upaya Bayern menjaga peluang meraih treble winner. So, yes we criticize them last night, but that doesn’t mean we hate them.

But the others played great football

Neuer adalah top performer Bayern tadi malam. Setidaknya 5 penyelamatan gemilang ia lakukan untuk mencegah gawang Bayern Munchen kebobolan lebih dari 1 gol. Duo Bads dan Boa juga bermain baik untuk mengunci pergerakan Lewandowski dan Kagawa. Gustavo, Alaba, Kroos dan Basti, in my opinion also played well.

I hate Dortmund Fans

Fans Dortmund melempari Neuer dengan pisang menjelang kick off babak kedua

 

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=OAyGmTInC6s”%5D

 

Mentalitas Bayern (Yang Saya Tahu)

Sebagai fans, saya menolak untuk langsung mengatakan Dortmund telah menjadi juara, karena dua hal:

1. Faktanya, mereka memang belum juara. Selisih kedua tim saat ini enam poin, tapi masih ada empat laga tersisa. Secara matematis, Bayern masih punya peluang, walapun memang semakin kecil.

2. Satu hal yang saya belajar dari Bayern Munchen selama ini adalah sikap pantang menyerah. Oli Kahn dan Effenberg adalah beberapa contoh pemain yang seringkali menunjukkan spirit tersebut. Oleh karenanya, saya berharap saat ini pun, para pemain Bayern tidak serta merta langsung mengibarkan bendera putih dalam upaya mengejar titel Bundesliga. Semoga.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s