Siapa Menggantikan Peran Alaba, Badstuber dan Gustavo?


 

Lolosnya Bayern ke final UCL harus dibayar mahal. Alaba, Badstuber dan Gustavo tidak bisa bermain di final karena terkena akumulasi kartu kuning. Lalu siapa yang akan menggantikan peran mereka? Well, hopefully Jupp has the best answer to that question but let me share with you my thoughts:

1. Alaba

Ada dua opsi yang paling mungkin untuk menggantikan Alaba:

a. Rafinha

# Sudah tampil 6 x musim ini di UCL. Di Bundesliga 23 kali (+)

# Mencetak 1 gol ke gawang Villareal di fase grup UCL (+)

# Kurang klop bekerjasama dengan Robben (-)

# kadang terlambat turun jika sedang membantu serangan (-)

b. Contento

# Baru main 1 x di liga champions musim ini ketika Bayern bertandang ke Manchester City (-)

# Meski demikian, ia sudah lumayan berpengalaman bermain di UCL karena di musim 09/10 dan 10/11, total ia sudah bermain 6 x pada dua musim tersebut (+)

# Jika ia yang dipercaya Jupp menjadi starter maka Lahm bisa tetap bermain di kanan dan dengan demikian kedua wing back bisa lebih mudah untuk melepas crossing ketika membantu serangan karena berada di sisi yang lebih nyaman bagi kaki dominan masing-masing. Lahm sendiri lebih sering melakukan crossing ketika bermain di kanan ketimbang di kiri (+)

hipotesis: Pada partai final, apalagi bermain di “kandang” sendiri, Bayern München harusnya bermain lebih agresif dan mengambil inisiatif menyerang. Ribery dan Robben menjadi kunci krusial dalam hal ini. Dan untuk menopang hal tersebut, saya rasa Robben akan lebih nyaman jika di back up Lahm ketimbang Rafinha. Itulah alasan utama mengapa saya lebih memilih Contento ketimbang Rafinha untuk menggantikan posisi Alaba.

2. Badstuber

Menurut saya opsi penggantinya juga ada 2:

a. Daniel van buyten

# Baru minggu ini (awal Mei), DvB berlatih kembali bersama tim dan sudah sejak 21 Januari 2012 ia tidak bermain!! Tentu butuh waktu untuk bisa kembali beradaptasi dengan irama permainan tim (-)

# DvB tidak bertambah muda (dan tidak bertambah cepat). Masih ingat betapa duetnya dengan Demichelis dibuat kocar kacir oleh Diego Milito dan Sneijder pada final UCL 2010? Well, Drogba dan atau Torres punya kemampuan untuk bisa melakukan hal yang sama kepada DvB (-)

# Kemampuannya mencetak gol khususnya dari set pieces tergolong baik, bahkan yang terbaik di antara defenders Bayern lainnya musim ini. Ia sudah mencetak 4 gol (+)

# Kuat dalam duel bola-bola atas (+)

b. Tymoschuk

# Posisi aslinya bukanlah CB, meskipun sejak ditangani Van Gaal, sudah cukup sering ia mengisi pos CB (-)

# Musim ini sudah beberapa main kali di UCL dan relatif fit (tanpa cidera) sepanjang tahun (+)

# mindset Tymo adalah bertahan. So, naturally he has the potential to be placed as CB (+)

hipotesis: hmmm not easy… But I think I choose Tymo over DvB. Ada waktu 2 minggu lagi untuk membuatnya semakin nyaman berposisi sebagai CB.

3. Gustavo

Peran Gustavo sebagai penyeimbang di lini tengah sangat krusial. Biasanya, Tymo yang dirotasi Jupp untuk mengisi posisi Gustavo. Dan memang hal tersebut juga tetap bisa menjadi opsi pada final UCL nanti. Tapi selain itu, ada dua opsi lain. Yang pertama adalah Pranjic. Meskipun, mengingat minimnya jam terbang Pranjic musim ini, saya akan sangat terkejut jika Jupp memilih untuk memainkannya sebagai starter.

Opsi lain yang lebih mungkin adalah Toni Kroos. Dan jika itu terjadi, maka memang Bayern akan semakin kuat dalam menyerang namun bisa jadi meninggalkan lubang di tengah ketika bertahan karena Kroos dan Basti lebih punya tendensi untuk menyerang ketimbang bertahan. But somehow, menurut saya hal itu relatively lebih bisa di-manage ketimbang Jupp memaksakan Pranjic bermain. Lagipula, ada kecenderungan Muller membaik performance-nya. Pekan lalu ia memberi satu assist dan 1 gol. Semoga ia bisa konsisten di tiga laga sisa Bayern Munchen. Karena jika begitu, sayang juga rasanya menempatkan Muller di bench.

Well, enough with my opinions. Now, it’s your turn to vote:

[poll id=”6″]

[poll id=”7″]

[poll id=”8″]

Mau melengkapi pilihan Anda dengan memberikan analisa? silahkan tulis di kolom komentar.

2 thoughts on “Siapa Menggantikan Peran Alaba, Badstuber dan Gustavo?

  1. Contento cukup bagus kog main nya hanya jam terbang kurang , ane pikir ini anak bisa kog jadi penganti yang pas buat alaba
    Kroos sebagai duet Schweinsteiger pas banget akan keliatan agresivitas nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s