Dante, Memastikan Ketangguhan Pertahanan (?)


 

Pada Januari 2012, Gladbach menjadi tim dengan pertahanan terkuat se-Eropa (yup Eropa, bukan cuma Jerman). Indikatornya adalah tim yang paling sedikit kebobolan. Hingga 18 laga, hanya 12 gol yang bersarang di gawang tim asuhan Favre tersebut. Terlepas dari penampilan gemilang kiper muda ter Stegen, kesuksesan tersebut juga disokong oleh ketangguhan Dante sebagai centre back.

Meskipun kemudian performa Gladbach sebagai tim sedikit labil, namun Dante tetap tampil konsisten hingga akhir musim. Hal itulah yang membuat manajemen Bayern Munchen tak ragu untuk membelinya dari Gladbach. Apalagi, sudah bertahun-tahun, lini tengah pertahanan Bayern tergolong mudah dilewati lawan. Oleh karenanya, pembelian Dante memberi harapan baru bagi fans untuk melihat pertahanan Bayern yang lebih solid.

Dante dikenal memiliki leadership yang cukup baik, kemampuan tackling dengan akurasi dan timing yang baik dan dengan tinggi badan 1,88 m ia juga mampu menghalau bola-bola atas yang ditujukan ke jantung pertahanan.

Ayah dua anak ini dikontrak Bayern selama 4 tahun hingga 30 Juni 2016. Ia berambisi untuk memenangkan banyak gelar bersama Bayern dan sebisa mungkin masuk ke timnas Brazil.  Jupp sendiri segera bisa melihat potensinya sejak masa-masa awal latihan di Bayern dengan menyatakan: “He’s an extremely good pro, which I saw on the very first day from a number of small details.”

Ya, semoga saja pemain asal Brazil ini benar-benar bisa memuaskan kubu Bayern ketika diberi kesempatan bermain. Welcome, Dante.

Klub sebelumnya:

Juventude (2002-2004)

Lille (2004-2006)

Charleroi (2006-2007)

Stadard Liege (2007-2009)

Gladbach (2009-2012)

Prestasi:

Belgian Championship 2008

Belgian Supercup 2008

Intertoto Cup Winner 2004

Video:

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=GLxvMJwgF-U”%5D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s