Roland Wohlfarth, Salah Satu Striker Top Bayern


 

Nama Roland Wohlfarth mungkin cukup asing buat fans Bayern di Indonesia, apalagi generasi fans tahun 2000-an. Namun nama tersebut faktanya adalah salah satu striker paling top yang pernah dimiliki Bayern hingga saat ini.

Roland Wohlfarth bermain untuk Bayern sejak tahun 1984 sampai tahun 1993. Selama kurun waktu tersebut, Wohlfarth bermain 254 kali dan mencetak 119 gol. Bersama FC Bayern, ia memenangi 5 gelar Bundesliga dan sekali juara DFB Pokal, tahun 1986. Pada final DFB Pokal tahun 86 tersebut, Wohlfarth mencetak 3 gol ke gawang Stuttgart. Berikut ini video gol perdananya pada pertandingan tersebut:

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=1yiz8xw7pn4″%5D

Selain gelar bersama tim, Wohlfarth juga berhasil meraih beberapa gelar pribadi, di antaranya menjadi top skor Bundesliga sebanyak dua kali, pada tahun 1989 (17 gol) dan 1991 (21 gol). Ia dikenal sebagai striker yang mampu menghadapi tekanan, termasuk “berkompetisi” dengan beberapa nama striker yang ada di Bayern pada saat itu seperti Mark Hughes, Adolfo Valencia dan Alan McInally untuk memperebutkan posisi di tim inti.

Salah satu pertandingan yang paling penting dalam karirnya adalah ketika menghadapi Koln pada 25 Mei 1989. Sebelum pertandingan, sempat terjadi debat panas antara Daum dan Heynckes di sebuah acara TV. Memang, pada saat itu, pertandingan keduanya bisa dibilang menjadi penentu siapa yang akan memenangi Bundesliga karena kedua tim hanya terpaut poin sedikit saja. Wohlfarth membalas kepercayaan Heynckes yang mempercayainya sebagai starter (meskipun beberapa pekan sebelumnya ia tidak mencetak gol) dengan mencetak hattrick yang memberi kemenangan Bayern 3-1 atas tuan rumah Koln.

Namun sayangnya di level timnas, ia tidak terlalu bersinar. Ia kalah bersaing dengan nama-nama seperti Klinsmann, Völler dan Riedle. Wohlfarth hanya mendapat kesempatan dua kali bermain bersama Jerman Barat dan tidak sekalipun mencetak gol.

Wohlfarth (kiri)

 

Meski karirnya terbilang gemilang, ia sempat juga tersandung kasus doping pada tahun 1995 dan dihukum larangan bermain selama dua bulan.

Selepas bermain bersama Bayern, ia masih merumput di beberapa klub seperti Saint-Ettiene, Bochum dan Leipzig. Hanya kemampuannya mencetak gol sudah mulai menurun. Ia hanya mencetak 35 gol dalam 9 tahun karirnya pasca meninggalkan FC Bayern.

 

Berikut ini data gol yang dicetaknya selama bersama Bayern di Bundesliga:

1984/85: 12 gol (32 kali main)

1985/86: 13 gol (25 kali main)

1986/87: 11 gol (27 kali main)

1987/88: 11 gol (29 kali main)

1988/89: 17 gol (33 kali main)

1990/91: 21 gol (34 kali main)

1991/92: 17 gol (29 kali main)

1992/93: 4 gol (21 kali main)

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Roland Wohlfarth, Salah Satu Striker Top Bayern

  1. artikel yang sangat menarik, jujur saja, saya baru mengetahui nama Roland Wohlfarth, biasanya sih saya lebih mengenal Karl-Heinz Rummenigge, Lothar Matthaeus, Gerd Mueller ketimbang yang ini. kalau saya boleh kasih saran, saya ingin ada kisah-kisah menarik seputar Jean-Marie Pffaf yang menurut saya merupakan seorang kiper legendaris yang pernah dimiliki bayern meskipun dia berasal dari belgia, danke admin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s