Peringkat 11 Most Valuable Sport Teams (versi Forbes)


 

Majalah Forbes kembali merilis daftar Most Valuable Sport Teams dan Bayern Muenchen tahun ini berada di peringkat 11 secara global dan nomor 1 di Bundesliga. Bicara tentang sport teams yang dimaksud, bukan hanya klub sepakbola tapi semua klub/tim olahraga termasuk F1, NFL dsb. Peringkat pertama sendiri diraih oleh Manchester United.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan klub sepak bola saja, maka Bayern berada di peringkat 4 dalam hal revenue. Kontrak sponsorship Bayern dengan Adidas rata-rata bernilai 36 juta US dollar per tahun sampai dengan tahun 2019. Sampai bulan April yang lalu, Bayern “bernilai” 1,235 juta US Dollar.

Memang, kalau bicara soal revenue, brand dan sejenisnya, Bayern selalu masuk daftar top list. Bukan hanya versi Forbes, tapi juga yang lainnya. Ambil contoh versi Deloitte, yang tiap tahun juga merilis hal yang kurang lebih sama dengan Forbes. Tahun 2012, Bayern berada di posisi 4, posisi yang sama selama 5 tahun terakhir. Pada tahun 2007, Bayern masih berada di posisi ke 7. Dan bicara pemasukan dari iklan, Bayern masih nomor 1, mengungguli Real Madrid. Pemasukan dari iklan bisa mencapai 177,7 juta Euro. Sedangkan pemasukan Bayern terbesar lainnya adalah dari hak siar dan tiket (masing-masing berkontribusi sekitar 71-72 juta Euro.

Hal-hal tersebut di atas menggambarkan bahwa Bayern memang masih menjadi salah satu klub yang paling dikenal, dicintai dan memiliki nilai jual tinggi di dunia. Meski sepertinya di Indonesia, Bayern belum terlalu dikenal luas karena memang terbatasnya akses orang Indonesia untuk bisa menyaksikan Bayern secara live. Namun, kita berharap, dengan disiarkannya Bundesliga di TV lokal, pamor Bayern dan klub-klub Bundesliga lainnya di Indonesia semakin menanjak.

 

4 thoughts on “Peringkat 11 Most Valuable Sport Teams (versi Forbes)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s