The Back Four


 

Dante dan Weiser menambah kedalaman lini belakang Bayern. Meskipun Weiser lebih prefer bermain sebagai right winger, tapi pemain yang satu ini bisa juga di-plot sebagai wing back kanan. Lalu akan seperti apa formasi 4 pemain belakang Bayern musim 2012/13? Berikut ini coba kami analisa.

Satu hal yang saya harapkan akan lebih sering kita lihat di musim baru adalah rotasi pemain. Dalam hal ini, tidak hanya di posisi back four, tapi di semua lini. Dan dilihat dari komposisi pemain yang dimiliki, Bayern lebih punya kedalaman tahun ini ketimbang tahun lalu.

Di posisi bek kanan, beberapa nama seperti Lahm, Rafinha, Weiser dan Boateng bisa menjadi alternatif bagi Jupp untuk mengisi pos tersebut. Secara pribadi, saya lebih senang Lahm yang menjadi pilihan utama. Meski Lahm adalah pemain yang sangat versatile, bisa main di kanan maupun kiri, somehow I feel he’s playing slightly better in the right flank. Belum lagi kalau bicara kombinasinya dengan pemain sayap kanan, yang selama ini sering diisi Robben atau Muller. Ia sudah jauh lebih klop ketimbang Rafinha yang setidaknya sepanjang tahun lalu, masih terus  beradaptasi dalam membangun kerjasama, khususnya bersama Robben.

Rafinha sendiri menurut saya bisa jadi back up utama Lahm di posisi wing back kanan ketimbang Boateng karena kemampuannya dalam membantu serangan, in my opinion is better than Boateng. Tapi jika Lahm kembali di plot bermain di kiri oleh Jupp, maka Rafinha dan Boateng bisa berganti-gantian mengisi pos bek sayap kanan, tergantung dari kebutuhan tim. Sedangkan Weiser untuk musim 2012/13, saya perkirakan masih akan lebih sering berada di bangku cadangan atau bermain untuk Bayern Reseves, which is better for him to gain experiences.

Sekarang kita berpindah ke kiri. Musim lalu, Alaba telah terbukti mampu menjadi pilihan utama ketika Lahm bermain di kanan. Pemain-pemain seperti Di Maria dan bahkan Shaqiri tak bisa berbuat banyak menghadapinya. Dan saya pikir akan baik jika ia tetap dijadikan pilihan utama oleh Jupp di musim 2012/13 untuk posisi wing back kiri. Contento, sejauh tidak mengalami cidera panjang seperti musim lalu bisa menjadi back up yang mumpuni bagi Alaba. Secara kualitas, saya tidak meragukan Contento. Penampilannya yang gemilang pada musim 2010/11 masih saya ingat dengan baik dan disitulah awal kemunculannya bersama Badstuber.

Last but not least, kita bahas posisi centre back, posisi yang beberapa tahun belakangan ini, khususnya sepeninggal Lucio, sangat rentan ditembus lawan. Menjelang bergulirnya musim baru ada 4 centre back yang dimiliki Bayern: Badstuber, Daniel van Buyten, Boateng dan Dante. Badstuber dan Dante adalah pemain dengan kaki kiri sebagai kaki utama yang digunakan ketika bermain, sedangkan DvB dan Boateng memiliki kaki kanan sebagai kaki yang dominan. Umumnya, akan lebih baik jika kombinasi centre back dengan kaki dominan yang berbeda dikombinasikan.

Meski demikian, sejauh ini, saya justru lebih prefer Dante dan Badstuber yang menjadi pilihan utama Jupp di posisi duet centre back. Keduanya, menurut saya, punya kemampuan (sedikit) lebih baik ketimbang dua CB lainnya. Kemampuan Dante bersama Gladbach musim lalu cukup untuk memberikan bukti kualitasnya. Dan dalam tiga laga friendly matches bersama Bayern Muenchen, kita juga bisa segera merasakan agresivitas dan soliditasnya dalam bermain. Tantangan utama tentu saja adalah soal adaptasi. Tapi saya pikir, waktu sebulan sebelum kompetisi bergulir adalah waktu yang cukup untuk mulai membangun chemistry di antara para CB.

DvB mungkin akan menjadi pilihan terakhir bagi Jupp. Meskipun musim lalu penampilannya tergolong lumayan bagus, tapi tak bisa dipungkiri bahwa usianya semakin menua dan kecepatannya semakin menurun. Akan sangat rentan jika yang dihadapi adalah pemain-pemain yang memiliki speed tinggi.

So, this is what the back-line starting line up look like (menurut saya):

Alaba

Badstuber

Dante

Lahm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Begitulah sedikit ulasan saya perihal back four Bayern musim 2012/13. Jika kalian memiliki komentar atau pendapat berbeda, silahkan tulis di kolom tanggapan.

Danke

One thought on “The Back Four

  1. menarik menantikan ke 4 pemain belakang bayern, mengingat untuk musim kemarin menjadi titik terlemah bayern. banyak pilihan dibelakang juga merupakan sinyal positif, terutama bek tengah, jangan sampe deh tymo atau gustavo mesti mengisi posisi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s