Bixente Lizarazu, Bek Sayap Andalan


 

Bixente Lizarazu bisa terbilang komplit pencapaiannya sebagai pemain sepak bola. Pemain asal Perancis itu sudah meraih berbagai titel bergengsi yang tersedia dalam dunia sepakbola, mulai dari gelar juara Bundesliga (6 x), DFB Pokal, Liga Champions (2001 – bersama Bayern), juara Piala Eropa (2000) dan juara Dunia (1998). Ia pensiun dari sepak bola tahun 2006 ketika Bayern masih dilatih Felix Magath.

Ia berada di Bayern dalam dua periode. Yang pertama dari tahun 1997-2004 dan yang kedua tahun 2005-2006. Dalam keberadaannya yang kedua kali di Bayern, ia menggunakan nomor punggung 69. Alasannya: ia lahir tahun 1969, tinggi badan 1,69 m dan berat 69 kg😀

Selain Bayern, ia sempat juga membela beberapa klub seperti Bordeaux, Athletic Bilbao dan Marseille. Lizarazu juga menjadi langganan dipanggil ke timnas Perancis dengan total caps 97 dan menyumbangkan dua gol.

Sebagai bek sayap kiri, Lizarazu juga tak banyak menciptakan gol bagi Bayern, namun jelas kehadirannya menjadi salah satu jaminan kokohnya lini belakang Bayern. Meski demikian, Liza pernah juga membuat sebuah gol spektakuler, salah satu yang terindah yang pernah dicetak pemain Bayern.

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=IEMp7MMNbys”%5D

Setelah pensiun, Lizarazu menggeluti berbagai bidang olah raga lainnya, antara lain Jiu Jitsu, Ski, Rafting dan Surfing serta Diving. Dalam hal Jiu Jitsu, Lizarazu bahkan sempat berhasil menjadi juara Jiu Jitsu se-Eropa untuk kategori Blue Belt Senior 1 (usia 35-40 tahun) kelas 76 Kg. Padahal pada waktu itu, ia baru satu setengah tahun menggeluti olah raga bela diri tersebut.

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=voKvnfolfhY”%5D

Sedangkan di bidang “kelautan”, ia mendirikan sebuah yayasan bernama “Liza pour une mer en bleus” yang bertujuan untuk menjaga kelestarian laut. Lizarazu juga sempat mengikuti latihan tim khusus tentara Perancis dan dijadikan sebuah acara TV, semacam reality show pada tahun 1999. Ia mengikuti berbagai menu latihan mulai dari terjun payung, latihan menembak, bela diri dsb.

Begitulah sekilas kisah tentang salah satu bek kiri terbaik yang pernah dimiliki Bayern, Bixente Lizarazu.

Bixente Lizarazu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s