The Striker(s)


 

Setelah bulan lalu meluangkan waktu untuk menulis tentang lini pertahanan Bayern di musim 2012/13, kali ini kami akan coba mereview tentang lini depan Bayern khususnya di posisi striker. Terlepas saat ini sedang cidera, Mario Gomez, pada kondisi fit saya yakini masih akan menjadi striker utama Bayern.

Meski demikian, persaingan untuk menjadi starter sepertinya akan lebih panas musim ini. Mandzukic dan Pizarro masih lebih baik ketimbang Olic dan Nils. Baik dari sisi skills maupun pengalaman. Keunggulan lain yang dimiliki ketiga striker Bayern saat ini adalah kuat dalam duel bola-bola atas.

Sejauh ini, Mario Mandzukic sepertinya yang diplot Jupp Heynckes untuk menjadi striker pilihan kedua setelah Gomez. Namun, Pizarro pun saya yakini masih bisa memberi kontribusi positif bagi tim. Bagaimanapun, ia adalah top skorer pemain non-Jerman di Bundesliga. Hal tersebut jelas menunjukkan kualitas seorang Pizarro yang mumpuni.

Satu striker lagi yang masuk juga dalam list daftar pemain Bayern Muenchen adalah anak muda bernama Patrick Weihrauch. Meski demikian, saya sangat yakin bahwa Weihrauch masih belum bisa menembus tim inti Bayern. Ia akan lebih banyak mendapatkan pengalaman bermain di musim 2012/13 bersama Bayern II. Minggu lalu, ia berhasil mencetak sebuah gol ke gawang TSV 1860 Munchen II.

Pertanyaan yang lebih penting sebenarnya adalah seberapa berani Jupp Heynckes berani memainkan formasi dengan 2 strikers di depan? Secara eksplisit dalam sebuah interview Jupp mengatakan masih akan menggunakan pola 4-2-3-1 sebagai pattern utama meskipun tidak menutup peluang memainkan dua strikers di depan. Dalam berbagai uji coba yang dilakukan, JH terlihat belum berani memainkan 4-4-2 menghadapi lawan yang relatif sebanding kekuatannya, sebut saja ketika terakhir menghadapi Bremen dan Hamburg di Liga Total Cup, ia konsisten sepanjang laga bermain dengan format 1 striker.

Saya sendiri sepakat bahwa untuk saat ini pola 4-2-3-1 harus menjadi pola utama karena pemain sudah lebih beradaptasi dengan formasi tersebut. Meski demikian, Jupp juga diharapkan berani untuk switch ke 4-4-2 manakala lini depan masih belum berhasil memecah kebuntuan atau melawan tim yang secara kualitas relatif berada di bawah Bayern Munchen.

Hal lain yang saya cermati baik sepanjang musim lalu maupun ketika friendly matches adalah kurangnya keterlibatan striker Bayern dalam membangun serangan. Seringkali Gomez dalam sebuah laga hanya beberapa kali saja menyentuh bola. Semoga Pizarro dan Mandzukic bisa lebih melibatkan diri dalam build up play ketimbang hanya menunggu bola datang.

At the end, mampukah para striker Bayern membawa Bayern mencetak gol sebanyak mungkin? Mari kita lewati raihan 77 gol musim lalu. Statistik lainnya adalah bahwa musim lalu, Bayern 6 kali gagal mencetak gol di pertandingan Bundesliga. Semoga kali ini Bayern bisa terus mencetak gol di setiap laga dan dengan demikian akan memberi peluang lebih besar untuk menjadi juara Bundesliga edisi ke-50.

Videos:

Mandzukic

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=vUouUJBja5c”%5D

 

Pizarro

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=Fc3LRGaYcIg”%5D

 

Gomez

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=GMRpVKbD-PI&feature=related”%5D

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s