Preview Super Cup – Lebih dari Sekedar Juara


 

Trailer

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=NKfMqxcoF4w”%5D

 

Beberapa tahun terakhir, Dortmund menjadi momok bagi Bayern. Pertemuan di Supercup harusnya dimanfaatkan Lahm and co untuk memberi signal berakhirnya dominasi Dortmund atas Bayern.

The Shaqiri Factor

Dari berbagai laga uji coba yang saya tonton, tidak ada perubahan signifikan dari gaya bermain Bayern. Artinya, Klopp sudah tahu persis bagaimana meng-counter serangan-serangan Bayern dan di saat bersamaan, memanfaatkan kelemahan pertahanan Bayern.

Lalu, apakah itu dapat dimaknai bahwa Bayern akan kembali takluk? Bagi saya pribadi, Shaqiri diharapkan bisa menjadi faktor pemberi kejutan bagi pertahanan Dortmund. Agresifitas dan keberaniannya memegang bola untuk beberapa waktu diharapkan mampu menarik perhatian pertahanan Dortmund kepada dirinya. Bayern tak bisa melulu mengandalkan ball possession tanpa ada upaya penetrasi secara individual.

Selain Shaqiri, Weiser sepertinya juga bisa jadi opsi untuk melakukan hal tersebut. Sebagai pemain muda, ia sering tampil tanpa beban dan bermain lepas. Positioningnya juga lumayan bagus, terlihat ketika berhasil mencetak gol ketika melawan Hamburg. Tapi saya ragu, Weiser akan menjadi starter.

Kroos – Sang Jendral

Kroos sepertinya akan menjadi pilihan utama di lini tengah sebagai playmaker, menggantikan Basti yang masih belum fit. Posisi ini sebenarnya bukan posisi paling nyaman bagi dirinya, tapi bagaimanapun akan sangat baik jika ia mulai bisa bermain di berbagai posisi. Hal lain yang menggembirakan adalah “keberaniannya” mengambil tendangan pinalti ketika melawan Bremen. He has to start developed not only as player but also as leader.

Back Four

Lowongnya full back kiri Bayern karena cideranya Alaba dan Contento membuat Jupp harus berpikir keras menentukan pilihan. Di dua laga terakhir, Can dan Gustavo yang notabene adalah pemain tengah di-plot menjadi bek sayap. Gustavo bermain kurang baik, Can bermain cukup baik. Opsi lain sebenarnya masih ada, dengan memindahkan lagi Lahm ke kiri dan Boateng di kanan. Tapi sepertinya, Jupp akan lebih memilih opsi pertama.

Di tengah, meskipun saya prefer dengan duet Badstuber dan Dante, tapi dari berbagai pengamatan di laga uji coba, pasangan ini belum punya waktu cukup untuk diduetkan. Jupp lebih memilih duet Boa dan Bads. Permasalahannya dengan pilihan ini (setidaknya jika mengacu ke pertandingan kontra Bremen) adalah keduanya masih rentan untuk ditembus lawan.

Mandzukic

Di depan, Mandzukic akan menjadi starter. Ia jelas punya potensi untuk membobol gawang Dortmund, tapi saya berharap ia bisa lebih aktif menjemput bola ketimbang hanya menunggu service dari pemain lainnya. Being aggressive and unpredicted is what we need against a team that really know how we used to play football.

Line up versi kami: Neuer – Can – Bads – Boa – Lahm – Gustavo – Kroos – Shaqiri – Muller – Robben – Mandzukic

Live @ TV Lokal

Gelaran Supercup tahun ini memang semakin memikat banyak televisi untuk menyiarkannya secara live. Tercatat kenaikan sekitar 10% jumlah TV secara global. Beruntung bagi kita di Indonesia, pertandingan ini akan disiarkan di Indosiar pada Senin dinihari 13 Agustus 2012 jam 01.00 WIB. Jadi, pastikan kalian semua nonton ya dan sounding juga hal ini via media sosial supaya makin banyak orang yang tertarik menyaksikan sepak bola Jerman.

Anyway, sambil menunggu pertandingan berlangsung, silahkan nikmati dulu video latihan Bayern berikut ini:

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=gE4q6tOwRUQ”%5D

One thought on “Preview Super Cup – Lebih dari Sekedar Juara

  1. waktu jamannya van gaal bek kiri ditempatin badstuber, kenapa sekarang ga dicoba cara yang sama? tuh waktu itu badstuber menjalankan tugasnya dengan baik hahaha malah dia juga sebagai right corner kick taker ya😀 lagian bek tengahbayern udeh ada dante dan buyten😮

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s