Preview Super Cup (Perspektif Fans Dortmund)


 

Sangat menarik untuk melihat pertandingan ini, salah satu pertandingan yg tidak boleh dilewatkan oleh pencinta sepakbola jerman. Karena itu kami dari Dortmundindo pun tak mau ketinggalan untuk menulis review ini, tanpa ingin menjatuhkan salah satu pihak namun ingin memaparkan kelebihan Dortmund yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Berikut faktor faktor yang menarik untuk diketahui sebelum anda menonton DFB Supercup 2012
PERTUNJUKAN PARA PEMAIN BARU
Para pemain yang baru didatangkan baik dari kubu Dortmund maupun Munchen terbilang banyak. Dari kubu Dortmund misalnya, mendatangkan pemain anyar Marco Reus, yang adalah opsi untuk menutupi lubang kepergian Kagawa, dan pemain yang telah membobol gawang dortmund saat masih membela stuttgart (Re:Stuttgart 4-4 Dortmund) yaitu Julian Schieber. Ada juga pemain muda dari Cottbuss Leonardo Bittencourt dan juga pemain senior yang diproyeksikan sebagai pelapis Lukasz Piszscek, Oliver Kirch. Dari kubu Munchen juga yang telah mendatangkan Xherdan Shaqiri yang tidak bisa dianggap remeh walaupun masih berusia belia, kembalinya Pizarro serta pemain-pemain lainnya. Nah di supercup lah harusnya menjadi ajang bagi mereka para pemain baru untuk menunjukan kualitasnya agar pembelian mereka tidak sia-sia, terutama bagi Marco Reus. Pemain yg sudah dibeli mahal dari Gladbach sebesar 17 juta Euro tersebut tak akan mau disebut sebagai pembelian yang sia-sia bukan?
BALAS DENDAM MUNCHEN
Tidak ada maksud untuk mengecilkan Munchen dalam faktor ini, namun dalam beberapa pertandingan terakhir kedua tim pantaslah keluar topik seperti ini. Dalam 5 pertandingan terakhir Dortmund selalu menang. Wajar jika Matthias Sammer menganggap laga ini laga penting. Beberapa legenda Bayern pun sudah ada yang menyuarakan agar bayern berhenti bermain-main dan segera menghentikan langkah Dortmund. Tak bisa dipungkiri, cara Dortmund dalam meredam serangan Munchen begitu apik. Klopp pernah berkata “Untuk melawan Munchen kuncinya adalah biarkan mereka menguasai bola, namun jangan biarkan mereka menendang/menembak”. Klopp menambahkan “tapi itu bukan berarti kami akan hanya mengandalkan serangan balik saja, strategi itu akan kami pakai jika kami kehilangan bola. Namun kami harus tetap konsisten. Disiplin adalah kuncinya”. Lalu apakah strategi dari JH? yang pasti JH harus menggerakkan seluruh kemampuan pemain Bayern jika tidak mau kalah lagi untuk yang ke-6 kalinya.
ADU STRATEGI JH VS JK
Strategi Jurgen Klopp dalam beberapa pertandingan terakhir kedua tim begitu ampuh, namun bukan berarti Jupp henyckes sudah kehabisan akal. Strategi baru mungkin akan diterapkan dengan kedatangan pemain-pemain baru layaknya mandzukic atau shaqiri. Formasi Munchen pun bisa berubah seiring dengan kedatangan pemain baru, berbeda dengan Kubu Dortmund, Klopp konsisten memainkan formasi favorit 4-2-3-1, walaupun dalam beberapa laga uji coba terakhir sempat ada perubahan formasi,namun Klopp tampaknya tetap konsisten dengan formasi favorit tersebut. Perbedaanya adalah Klopp sudah berani memainkan rotasi dengan beberapa pemain muda dari hasil bursa transfer maupun akademi Dortmund. Ini membuat risiko cedera bekurang walaupun ada beberapa pemain yang cedera karena latihan.J H pun tampaknya masih mengandalkan striker ulung Mario Gomez, dengan pelayan setia bak Robben dan Ribbery dengan akselerasi super cepat mereka. Tak mau kalah, Dortmund juga mempunyai trisula lini tengah yaitu Grosskreutz-Reus-Gotze yang siap melayani Robert Lewandowski.
LEMAH ADU PENALTI
Dapat kita tebak bahwa laga ini akan berlangsung dinamis dan mungkin akan memaksakan extra time. Serangan bertubi-tubi akan keluar dari kedua kubu namun pertahanan yang solid dari kedua tim lah mungkin adalah faktor yang bisa memaksakan waktu extra time. Namun seperti yang kita tahu bahwa kedua kubu lemah dalam adu penalti. Bayern misalnya, kalah penalti dari Chelsea di final UCL dan kalah penalti dari Bremen baru baru ini sungguh menyedihkan, pasalnya arah tendangan eksekutor yang itu-itu saja mudah ditebak oleh kiper lawan. Dortmund pun demikian, sebagai salah satu tim ter-Fairplay dalam bundesliga, Dortmund jarang mendapatkan penalty dan jarang untuk megasah skill penalty,imbasnya adalah ketika mereka kalah pada final Liga TOTAL! dalam adu penalti melawan bremen. Jadi akan sangat menarik pastinya untuk melihat kedua tim untuk adu penalti, akankah terjadi hal buruk? atau hanya sebagai adu keberuntungan? Well, pastinya kedua tim tidak mengaharapkan hal ini terjadi.
ADU GENGSI
Salah satu faktor utama wajib untuk menonton pertandingan ini karena gengsi kedua tim yang begitu tinggi. Ini merupakan ajang pembuktian bagi Dortmund yang ingin menunjukan titel yang mereka raih bukan lah hal yang mudah. Sebaliknya Munchen ingin mengembalikan nama besar raksasa bundesliga tersebut dengan ambisi untuk mengalahkan Dortmund. Nama besar kedua pelatih pun dipertaruhkan di ajang ini. Namun klub manakah yang akan menang? cuma DFB supercup inilah yang akan menjawab pertanyaan anda.
DFB super cup LIVE di Indosiar dan GOL TV.
Catatan: tulisan ini dibuat oleh Daniel Benhart.S, admin dari akun @DortmundIndo. On behalf of this fan-site, we’d like to thank you bro Daniel. We really appreciate your article and thoughts on this upcoming match. #Respect and enjoy the match…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s