Review DFL Super Cup


 

DFL super cup baru saja selesai dan Bayern menyelesaikan dengan baik menjadi Pokal Sieger yang kelima kalinya untuk musim 20012/2013, kemenangan pertama atas Dortmund dalam dua tahun terkahir jelas sangat spesial karena terjadi di kandang sendiri. Well ada beberapa catatan dari pertandingan yang baru saja dimenangi Bayern.

skema team:

Dengan formasi yang sama selama dua tahun terkahir Bayern sepertinya sudah hafal banget dengan pakem 4-2-3-1 (cuman pelakon formasinya aja yang berbeda). Di belakang Neuer tidak tergantikan tentu saja. Untuk back four; formula baru sepertinya baru aja dicoba, duet boateng – dante cukup disiplin sepanjang pertandingan lalu di sisi kiri can lumayan baik mengisi kekosongan yang ditinggalkan alaba, untuk bek kanan tak usah dipertanyakan lagi soal posisi, lahm selalu menyelesaikannya dengan baik.

Dua gelandang di depan pertahanan kroos dan gustavo diplot sebagai playmaker breaker, trio dibelakang striker robben, mueller, ribery menjadikan tugas mandzukic sebagai goal getter cukup mudah.

jalannya pertandingan:

Bayern mengawali pertandingan dengan baik, seolah dortmund ga pernah ngalahin mereka, baru lima menit berjalan umpan crossing ribery gagal dihalau dua bek tengah dortmund, bola yang jatuh di kaki mandzukic dengan mudah diceploskan ke gawang roman gol 1-0 buat bayern. FC Bayern bermain cukup rapih untuk awal babak pertama, percaya diri cukup tinggi dibarengin juga dengan penampilan dortmund yang sepertinya masih mencari bentuk, sebuah serangan balik di menit ke 10 membuat gawang roman kembali kebobolan, umpan terobosan mandzukic kepada robben yang lolos dari jebakan offside membuat robben lari sendirian one on one dengan roman tendangan chip-nya masih membentur tiang namun bola rebound dimanfaatkan mueller yang berdiri bebas, tendangan gebok yang sangat keras tidak mampu dihalau oleh pemain belakang dortmund yang berdiri digaris gawang, gol 2-0 bayern unggul.

Setelah gol kedua ini dortmund bermain lebih rapat dan disiplin, setiap pemain bayern mengasai bola, tiga sampai empat pemain dortmund langsung ngeroyok. Sampai menit ke dua puluh lima permainan berjalan biasa saja, dortmund masih belum membahayakan gawang neuer. Pun sampai jeda babak pertama skor bertahan 2-0 untuk keunggulan bayern, tampak babak pertama menjadi milik bayern dengan ball possession mencapai 59%.

Mandzukic merayakan golnya

Di babak kedua tidak ada perubahan signifikan terhadap formasi kedua team, namun entah apa yang diteriakkan klopp di ruang ganti, yang pasti itu membuat dortmund menggila, dortmund menaikkan tempo pertandingan dan membuat beberapa peluang secara berurutan: sundulan lewandowski, sontekan reus, sundulan hummels, dan sontekan lewandowski menjadi edisi berbahaya untuk gawang neuer yang hanya dibayar oleh shooting robben.

Masuknya Ivan Perisic dan Mario Götze membuat permainan dortmund semakin variatif ditambah dengan masuknya schieber, bayern seperti terpaku pada tempo cepat yang mereka bangun, sesekali bayern hanya membalas lewat serangan balik. Pada menit 70 emre can digantikan oleh badstuber. Serangan demi serangan akhirnya membuahkan hasil bagi dortmund, kelengahan lini belakang bayern harus dibayar mahal, sebuah placement shooting lewandowski mendaratkan bola dipojok kiri gawang neuer gol, membuat skor menjadi 2-1.

JH merespon gol tersebut dengan memasukkan tymo menggantikan ribery, dengan menambah gelandang bertahan praktis bayern ingin mempertahankan hasil yang sudah didapat. Beberapa perubahan dilakukan untuk menyeimbangkan antara bertahan dengan menyerang dengan memasukkan shaqiri menggantikan robben, tidak banyak kejadian yang berarti selama lima menit terakhir, skor 2-1 bertahan hingga pluit panjang dibunyikan, bayern win untuk pertamakalinya atas dortmund dalam dua tahun terakhir.

beberapa catatan dalam pertandingan:

-kehilangan alaba di sisi kiri lini pertahanan bayern sepertinya menjadi pr banget, can atau gustavo ga bisa sesempurna alaba dalam menjalankan peran di posisi tsb.

-lini pertahanan bayern masih harus membangun kekompakan, sering banget kehilangan fokus ditengah pertandingan kalau lawan memainkan tempo cepat, ironis padahal ada kapten diposisi pemain bertahan.

-gustavo sepertinya menjadi pilihan permanen sebagai gelandang bertahan, mengingat kondisi basti yang belum stabil pasca cedera.

-emre can harus bisa mengendalikan diri dalam bermain, kartu kuning yang dia dapat menunjukkan kalau dia masih terlalu “brutal” dalam merebut bola.

-trio dibelakang striker tidak boleh egois dalam menyelesaikan peluang, terlihat robben beberapa kali masih belum bisa mengendalikan ego-nya, untuk posisi ini shaqiri menjadi alternatif yang sangat baik untuk membuat serangan bayern lebih variatif.

-mandzukic sudah mulai menunjukkan kalau dia layak menjadi nomor satu sebagai goal getter, well akankah dia mampu menunjukkan konsistensinya dalam menggedor gawang lawan? kita lihat saja.

-dalam sepak bola, set piece menjadi bagian penting untuk menciptakan peluang dan gol, hal ini sepertinya belum fasih dijalankan oleh bayern, terlalu banyak error dalam praktiknya membuat beberapa kali kesempatan set piece terbuang sia2.

 

line up:

Bayern = Neuer – Lahm, Boateng, Dante, Luiz Gustavo – Kroos, Can (Badstuber 70) – Robben (Shaqiri 86), Müller, Ribery (Tymoshchuk 81) – Mandzukic :: Substitutes: Starke, van Buyten, Weiser, Pizarro

Dortmund = Weidenfeller – Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer – Gündogan, Leitner (Perisic 64) – Blaszczykowski (Schieber 71), Reus, Großkreutz (Götze 64) – Lewandowski :: Substitutes: Langerak, Felipe Santana, Löwe, Amini

 

Goals: 1-0 Mandzukic (6), 2-0 Müller (11), 2-1 Lewandowski (75)

Yellow Cards: Gustavo, Can, Mandzukic, Robben / Schmelzer

 

Highlight

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=yEhUDiHGz48″%5D

 

 

Notes dari administrator: Tulisan ini ditulis oleh Muhammad Nahar, salah seorang die-hard fan Bayern di Indonesia. Ia dapat dikontak via twitter: @naharcool. Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dan berharap ia secara berkala bisa mengirimkan tulisan untuk kita baca bersama via website ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s