Welcome Martinez


Akhirnya tadi malam (waktu Indonesia), lewat twitter, facebook dan websitenya, Bayern mengumumkan bahwa Javi Martinez telah resmi menjadi pemain FC Bayern. Setelah beberapa minggu terakhir, berbagai rumor intens mewarnai transfer ini, fans boleh bernafas lega karena pemain muda Bilbao ini akhirnya berlabuh juga di Munich. Nilai transfernya sebesar 40 juta euro memecahkan rekor transfer Bundesliga. Dan karena begitu tingginya atensi yang diberikan terhadap pembelian Martinez, maka kami coba mengulas sedikit perihal transfer Martinez dan akan seperti apa kira-kira kontribusinya bagi tim.

Pertama, mari kita bahas soal harga 40 juta euro. Apakah ini harga yang mahal? Jawabnya: Iya. Dengan uang sebanyak itu, MU bisa membeli dua pemain, Kagawa dan RvP. Tapi apakah keputusan Bayern mengeluarkan uang sebanyak merupakan keputusan yang tidak tepat? Menurut saya: tidak.

1. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Bayern tak perlu berhutang untuk pembelian ini. Posisi kas Bayern selalu positif sudah hampir dua dekade terakhir! Lagipula, kemungkinan besar Bayern hanya mengeluarkan sekitar 30 juta untuk transfer ini. Sisanya, Martinez menalangi dengan rela memotong gajinya sebesar 2 juta euro per musim selama 5 tahun ke depan. Perlu diingat juga, hadiah dari Liga Champions musim lalu (tidak termasuk hak siar) adalah 41,7 juta euro. So, dari sisi kas Bayern, pengeluaran uang untuk pembelian Martinez tidak membahayakan balance sheet😀

2. Javi Martinez adalah seorang pemain yang sudah mengecap juara Eropa dan Dunia di usia 23 tahun. Tidak ada satupun pemain di skuad Bayern saat ini yang sudah menyamai prestasinya. Memang benar, ia bukanlah pemain inti Spanyol di dua kejuaraan tersebut, namun bagaimanapun juga ia tumbuh dan berkembang dalam sebuah tim dengan karakter dan mentalitas juara. Suatu hal yang kalau saya boleh jujur, menghilang dari Bayern beberapa tahun belakangan ini. Banyak pemain dengan skill tinggi diluar sana, namun yang diperlukan Bayern sekarang bukan sekedar jago, tapi juga bermental juara. Sedikit tambahan, di level junior, ia juga sudah mengecap gelar juara Eropa dua kali (U19 – 2007 dan U21 – 2009) dan menjadi pemain kunci Spanyol di dua kompetisi tersebut.

Sekarang kita beralih kepada kontribusi apa yang kiranya bisa diberikannya kepada Bayern. First of all, Javi adalah pemain versatile, khususnya di lini tengah. Ia bisa bermain sebagai centre back (musim lalu, Bielsa menjadikannya sebagai CB) tapi yang paling ia sukai adalah sebagai Defensive Midfielder. Di Bayern, ada setidaknya dua nama yang sering mengisi pos tersebut, Gustavo dan Tymo. Menurut saya, kemampuan Martinez berada diatas keduanya. Ia kuat dalam bertahan tapi juga seorang passer yang bagus dan visioner, cocok untuk mengawali serangan ke pertahanan lawan. Di Spanyol sendiri, ia sempat meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik tahun 2010. Sebuah indikasi bahwa dia memang punya talenta yang oke.

Dalam kondisi normal, saya rasa duet Basti dan Martinez di tengah akan menjadi opsi utama. Namun dengan padatnya jadwal Bayern di tiga kompetisi, pemain lain seperti Gustavo, Kroos, Alaba atau Can bisa saja mengisi posisi central midfielders secara bergantian.

Namun perkiraan saya, Tymo akan semakin kehilangan kesempatan bermain di Bayern. Apakah ia akan pindah? Kemungkinan besar. Namun, dengan transfer deadline yang tersisa 2 hari lagi, sepertinya kalaupun ia pindah, paling cepat di transfer window Januari. But who knows? Anything can happen in football transfer😀 Apalagi Dynamo Moscow dikabarkan sudah siap untuk menampungnya.

Last but not least, can we see Martinez on Sunday? Ya sepenuhnya terserah opa Jupp, tapi sepertinya tidak perlu diburu-buru juga langsung jadi starter. Mungkin ia akan masuk di babak kedua. We’ll see😀

Welcome to FC Bayern family, Martinez… Mia San Mia.

 

Videos:

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=u9OQopwazvM”%5D

 

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=Xex12H66MJ8&feature=g-all-u”%5D

 

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=wugGTdundfY”%5D

 

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=tmQmY9KAc9E”%5D

 

Quote:

“Bayern are one of the best teams in Europe, and the whole world,” Javi Martinez.

“As a footballer, it’s fair to compare him with former world-class star Patrick Vieira. He’s a born leader and a complete player. I can only congratulate Bayern” Del Bosque.

“He’s an excellent player and overall, a type of player we don’t currently have” Matthias Sammer

 

Bagaimana tanggapan kalian tentang transfer Martinez? Excited? Masih ga terima dengan harga 40 juta? Silahkan sampaikan perasaan kalian di kolom komentar😀

4 thoughts on “Welcome Martinez

  1. hehe biasalah bro, pro kontra selalu ada.. tp kalo sy pribadi memang merasa positif sama transfer kali ini dan semoga Javi bisa membuktikan bahwa dirinya mampu memberi kontribusi positif buat tim. dan jika itu terjadi, semua yang mencibir transfer ini akan terdiam😀

  2. saya berharap Javi Martinez bisa membawa perubahan yg baik dalam tim.. Rindu sekali pada sosok Stefan Effenberg yg mempunyai mental sebagai seorang juara.. Semoga Javi Martinez memberikan Piala bagi Bayern.. Mia San Mia

    • amin bro… Effe dan Kahn, duo yg menjadi kunci mentalitas tim bayern saat itu.. dan kontribusi mereka krusial sekali buat Bayern..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s