Bayern In Champions League 2012/13


 

Hari ini drawing group stage Champions League untuk season 2012/2013 sudah dilaksanakan. Dan seperti yang telah kalian ketahui bersama, Bayern Munchen berada di grup F bersama Valencia CF, Bate Borisov dan LOSC Lille. Memang grup ini tidak seseram grup D yang menghadirkan juara-juara dari liga elite eropa. Namun, pesaing Bayern di grup F tidak boleh dipandang rendah. Pasalnya tim-tim yang berada di grup F merupakan tim kuda hitam yang pernah menenggelamkan tim-tim papan atas Eropa. Mau tahu detail dari tim-tim lawan Bayern di fase grup? Berikut ulasannya.

 

1. Valencia CF
Valencia CF, klub  yang pernah memiliki kiper legendaris Santiago Canizares dan bermarkas di Stadion Mestalla ini, dulu sempat menjadi salah satu raksasa Spanyol. Meski saat ini nama Valencia tidak lagi sering terukir di piala-piala domestik maupun regional, namun nama Valencia tetap saja dikait-kaitkan dengan masa keemasannya dan tetap menjadi salah satu raksasa Spanyol sepanjang masa. Sepeninggal pemain-pemain top mereka seperti David Villa, Joaquin, Juan Manuel Mata dan Nicola Zigic, Valencia mengalami masa transisi yang cukup panjang. Dengan bermodalkan penyerang andalan mereka, Roberto Soldado, sekarang Valencia berupaya membangun kembali kekuatan tim mereka yang dulunya sempat berjaya di Spanyol. Rekor pertemuan Valencia dan Bayern Munchen sendiri pernah terjadi pada tahun 2001 di partai final Liga Champions. Saat itu Bayern menang atas Valencia melalui drama adu penalti, setelah skor 1-1 bertahan hingga akhir laga 120 menit. Namun sekarang keadaan pasti telah berbeda. Baik pemain Bayern maupun Valencia yang dulu pernah berlaga saat itu, telah berubah sama sekali.
2. Bate Borisov
Klub yang selalu berjaya di liga Belarusia ini, merupakan kuda hitam yang sama sekali tidak boleh diremehkan. Selalu menjadi juara di liga domestik sejak tahun 2005, merupakan nilai plus tersendiri untuk Bate Borisov. Klub yang saat ini ditukangi oleh pelatih termuda di Champions League, Viktor Goncharenko, seringkali membuat tim-tim papan atas kerepotan. Sebut saja Juventus, yang sudah pernah direpotkan Bate di Liga Champions musim 2008/2009. Dalam 2 kali pertemuan Juventus terpaksa tertahan imbang. Viktor Goncharenko pernah berkata bahwa suatu saat ia akan membawa kompetisi liga Belarusia menjadi salah satu liga elite di eropa. Jika ia bersungguh-sungguh, maka bisa jadi target Bate Borisov kali ini bukan sekedar bisa bertahan di fase grup Liga Champions, namun lolos ke fase selanjutnya. Ini merupakan tantangan tersendiri untuk Bayern, untuk menguji tekad Bate.
3. LOSC Lille
Jika kalian penyuka League 1. Perancis, maka nama klub LOSC Lille tidaklah asing lagi di benak kalian. Klub yang melahirkan pemain berkaliber tinggi seperti Eden Hazard tersebut akan berlaga di grup F Liga Champions bersama Bayern. Meski telah ditinggal Eden Hazard yang hijrah ke Chelsea dan Joe Cole yang masa pinjamannya sudah habis dan kembali ke Liverpool, LOSC Lille tetap saja menjadi kandidat penting baik di Liga 1 Perancis maupun Liga Champions. Mereka punya sejumlah pemain top. Sebut saja kiper Mickael Landreau, lalu bek sayap yang bersinar di Piala Eropa lalu, Matieu Debuchy dan penyerang Dimitri Payet. Menerapkan formasi 4-3-3, LOSC Lille pernah menjuarai Liga 1. Perancis di musim 2010/2011. Menurut pengamatan saya, hal yang perlu diperhatikan oleh kubu Bayern adalah barisan pertahanan Lille yang paling kuat di antara keempat tim yang berlaga di grup F. Mereka memiliki bek tangguh seperti Chedjou dan Beria. Bayern akan bekerja ekstra keras demi meraih poin penuh dalam laga konta Lille nanti.
Melihat kekuatan dari kubu lawan, memang bukanlah tugas ringan untuk Bayern agar bisa lolos ke fase knock out, mengingat bahwa 2 dari 3 lawan mereka, Lille dan Bate merupakan klub yang sedang bersinar di liga mereka masing-masing. Dan Valencia yang kadang sering memberi kejutan di lapangan. Meski laga-laga di grup F tidak se-‘angker‘ laga di grup D, namun saya bisa pastikan bahwa pertandingan di grup ini akan membawa banyak drama berkualitas. Jika melihat di atas kertas,Bayern memang sangat diunggulkan di grup F ini, mengingat Bayern Munchen menyandang gelar Runner Up Liga Champions musim lalu. Namun hal tersebut bukanlah faktor penentu di lapangan dan bukanlah alasan untuk Bayern untuk memandang rendah tim-tim lain. Remember, the underdogs will have something in every match. Mereka bukan tim yang diunggulkan, namun tim yang selalu memberi kejutan. Namun saya tetap berharap Bayern Munchen bisa lolos dari fase grup dengan mulus dan cepat merebut Piala Liga Champions musim ini, yang sudah 11 tahun menghilang dari tanah Bavaria. Mia san Mia alles!! Wir glauben an die Bayern!
Derrie Ramadhan Surjoharso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s