Preview Bayern vs Hoffenheim


Di Bundesliga, hampir seluruh klub, apalagi jika bermain di Allianz Arena akan menggunakan strategi parkir bis. Hal tersebut cukup logis mengingat secara rata-rata skill tim mereka berada (jauh) di bawah Bayern. Jika sudah begini, Bayern harus punya resep jitu untuk membongkar pertahanan lawan. Salah satunya adalah lewat upaya individu para pemain untuk berusaha melewati atau setidaknya menarik perhatian satu atau dua pemain lawan, sehingga pada saat yang bersamaan membuka ruang gerak rekannya yang lain. Bayern punya beberapa pemain dengan kemampuan seperti ini. Sebut saja Ribery, Robben dan Shaqiri. Nama yang disebut terakhir sudah cukup memberi bukti dampak positif kehadirannya jika diberi kesempatan bermain. Saya berharap Jupp kali ini menjadikannya sebagai starter.

Pemanfaatan skill individu dalam melewati lawan, sekiranya pun gagal karena permain Bayern dilanggar, masih bisa memberikan Bayern kesempatan lewat set piece. Meskipun jujur saja Bayern belum terlalu optimal dalam menggunakan set piece musim ini untuk mencetak gol.

Resep kedua adalah being persistent atau terus berupaya seberapapun kokohnya pertahanan lawan. Pertandingan melawan Schalke dan Bremen adalah beberapa contoh bagusnya konsentrasi dan keteguhan pemain-pemain Bayern untuk sabar dan terus menekan lawan hingga akhirnya tim lawan lengah dan Bayern berhasil mencetak gol.

Apalagi yang hadir kali ini adalah Hoffenheim. Tim yang di musim 2012/13 permainannya masih labil dan terkesan masih mencari bentuk. Bayern punya peluang untuk me-release kekesalan terhadap hasil pertandingan versus BATE dengan menyerang habis-habisan Hoffenheim. Rekor tandang Hoffenheim musim ini juga tidak terlalu bagus. Hanya berhasil mencuri satu kali kemenangan dari Stuttgart dan kalah dua kali. Meski demikian, serangan balik Hoffenheim tetap perlu diwaspadai mengingat mereka sudah berhasil mencetak 7 gol dalam 3 pertandingan away musim ini.

Salah satu yang perlu diwaspadai tentu saja eks pemain Bayern, Takashi Usami. Ia adalah top skor sementara mereka dengan dua gol dan menjadi salah satu tumpuan serangan Hoffenheim. Pun demikian, saya masih yakin Badstuber bisa menutup pergerakan Usami dengan baik, apalagi secara fisik Usami sepertinya tetap belum improve significant dibanding musim lalu dan hal tersebut adalah salah satu penyebab Bayern akhirnya melepas pemain Jepang ini, terlepas dari skillnya yang tergolong oke.

Hoffenheim sendiri setidaknya akan datang minus dua pemain tengah yang cukup penting yaitu Boris Vukcevic dan Sejad Salihovic. Nama pertama absen karena masih sakit setelah kecelakaan parah yang dialaminya Jumat pekan lalu. Sedangkan Salihovic terkena larangan 4 kali bermain karena menerima kartu merah pada laga melawan Augsburg. Sedangkan di lini belakang, kiper Tim Wiese serta dua bek, Jaissle dan Chris dikabarkan masih cidera dan kemungkinan besar tidak akan bisa diturunkan.

Kembali ke Bayern, mengenai komposisi pemain, saya berharap selain Shaqiri, Basti dan Robben bisa menjadi starter di pertandingan ini. Bahkan sebenarnya bagus juga untuk memberi kesempatan bermain kepada Weiser dan Can seandainya Bayern sudah berada dalam posisi yang bagus pada pertengahan babak kedua. Sedangkan di depan, saya yakin Mandzukic akan bisa memberi performa yang lebih efektif ketimbang ketika melawan BATE Borisov.

Sekian dulu beberapa hal yang saya pikirkan terkait pertandingan Sabtu ini. Jangan lupa untuk menyaksikannya live di Indosiar jam 20.30 WIB.

Mia San Mia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s