Presiden Kurt Landauer


 

Ia bukan presiden pertama FC Bayern, namun dialah presiden Bayern pertama yang berhasil membawa tim Bavaria ini meraih gelar juara nasional Liga Jerman pada tahun 1932 (saat itu belum disebut Bundesliga). Dia adalah Kurt Landauer.

Kurt Landauer (sumber: website resmi FC Bayern)

Kurt lahir di Planegg pada tanggal 28 Juli 1884. Pada tahun 1901, ia sempat bermain untuk FC Bayern. Namun tak lama kemudian, ia pindah ke Lausanne untuk mengejar karir menjadi seorang bankir. Ia baru kembali ke Munich tahun 1905 dan di tahun 1913, untuk pertama kalinya ia ditunjuk sebagai presiden FC Bayern. Namun perang dunia pertama membuatnya harus mundur sebagai presiden setahun kemudian. Baru di tahun 1919 sampai 1933, ia kembali ke Bayern untuk menjadi presiden (sempat berhenti setahun: 1921-1922).

Pada periode inilah, ia berhasil membawa Bayern meraih gelar perdananya di kancah liga Jerman pada tahun 1932 setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt, 2-0. Kedua gol Bayern kala itu dicetak oleh Rohr dan Krumm. Landauer dikenal sebagai presiden yang visioner dengan mengutamakan investasi pada pemain-pemain muda ketimbang pembangunan stadion.

Seiring kebangkitan Nazi, Bayern dicap sebagai “Jewish Club” meskipun hanya sedikit proporsi anggota Bayern yang merupakan keturunan Yahudi. Dengan situasi politik yang tidak stabil seperti ini, Landauer (yang merupakan keturunan Yahudi) memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Presiden FC Bayern pada tanggal 22 Maret 1933. Landauer lalu ditangkap dan dikirim ke kamp konsentrasi. Meski demikian, karena ia dianggap telah berjasa bagi negara karena turut berperang selama Perang Dunia I, Landauer pun dibebaskan setelah 33 hari ditahan. Sedangkan saudara-saudara Kurt, Paul Gabriel, Franz dan Leo dibunuh oleh Nazi. Saudara perempuannya, Gabriele, dideportasi dan setelah itu dinyatakan hilang.

Pada bulan Juni 1947, Kurt kembali ke Munich dan sekali lagi terpilih menjadi presiden FC Bayern sampai 1951. Landauer meninggal di Munich tahun 1961 pada usia 77 tahun. He will always be remembered in FC Bayern history for his great contribution in building foundation of the team.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s