Preview: Fortuna Dusseldorf vs FC Bayern


 

Weekend ini Bayern akan menghadapi Fortuna Düsseldorf pada matchday ke-8 Bundesliga, matchday pertama setelah dua pekan libur pertandingan internasional. Akankah Bayern meneruskan perfekte ergebnisse atau selalu menang dalam setiap pertandingan? Atau mungkin Die Fortunen akan menghentikan streak Bayern? Simak ulasannya dibawah.
Fortuna Düsseldorf
Siapakah klub ini? Fortuna Düsseldorf adalah asosiasi sepak bola Jerman klub yang berbasis di Düsseldorf, Rhine-Westphalia Utara. Fortuna Düsseldorf pernah sekali menjuarai Liga Jerman sebelum menjadi Bundesliga pada tahun 1933, dan pernah menjuarai DFB Pokal dua kali pada 1979, 1980.
Semenjak degradasi pada tahun 1997 dalam satu dekade terakhir Fortuna Düsseldorf berkutat di Bundesliga 2, bahkan sempat bermain di Oberliga. Setelah kembali ke Bundesliga 2 pada 2009, posisinya sempat naik turun lalu pada akhir musim 2011/2012 berhasil menduduki peringkat tiga dan menang dalam play-off promosi-degradasi melawan Herta Berlin.
Musim ini perjalanan Fortuna Düsseldorf cukup baik untuk sebuah tim promosi, bahkan menemani Bayern sempat tak terkalahkan dalam enam pertandingan awal, sebelum pada akhirnya mesti takluk pada matchday tujuh.
Pemain kunci Fortuna Düsseldorf adalah striker Dani Schahin yang sudah mengoleksi empat gol selama tujuh laga Bundesliga yang dijalaninya.
Weekend nanti mungkin Fortuna Düsseldorf akan menurunkan formasi standard mereka, namun tidak diperkuat Oliver Fink yang harus absen dikarenakan dua kartu kuning yang dia terima pada pertandingan melawan Mainz. Berikut mungkin formasi yang akan diturunkan:
4-5-1: Giefer (GK) – Melezas (B) – Langeneke (B) – Levels (B) – Van Den Bergh (B) – Paurevic (M) – Bellinghausen (M) – Bodzek (M) – Ken Ilsö (M) – Kruse (M) – Schahin (F)
Rekor Pertemuan & Lima Pertandingan Terakhir
Rekor pertemuan Bayern dengan Fortuna Düsseldorf dimenangkan jauh oleh Bayern, dari total 44 pertemuan Bayern menang 25 diantaranya berakhir dengan sembilan kali imbang dan 10 kemenangan bagi Fortuna Düsseldorf. Salah satu kemenangan besar yang patut diingat adalah pertandingan pada 9 Desember 1978, ketika itu Fortuna Düsseldorf yang diperkuat Klaus Allofs membantai Bayern dengan skor 7-1.
Adapun pada lima pertandingan terakhir Bayern memenangi empat diantaranya (Bundesliga), dan sekali kalah ketika menghadapi BATE Borisov pada pertandingan away Liga Champions di Belarussia. Sedangkan Fortuna Düsseldorf mengalami satu kali kalah pada pertandingan terakhir dan tiga kali seri serta sekali menang melawan Greuther Fürth pada matchday lima Bundesliga.
Laga Internasional dan Comeback Alaba
Midweek ini berlangsung beberapa laga internasional diantaranya adalah kualifikasi piala dunia dan pertandingan persahabatan, beberapa pemain Bayern yang terlibat laga internasional ini diantaranya adalah Shaqiri yang membawa Swiss menang melawan Islandia, Tymoschuk yang ikut bermain pada laga Ukraina melawan Montenegro namun harus mengalami kekalahan tipis 1-0, pertandingan persahabatan antara Spanyol melawan Prancis yang berakhir imbang 1-1 dimana Ribery berduel dengan Martinez, Kroasia yang menang 2-0  melawan Skotlandia dan gol pertama kemenangan Kroasia dicetak oleh Mandzukic, yang paling special tentu saja comeback Alaba setelah cedera panjang mengantarkan Austria menang 4-0 atas Kazakhstan. Si wonderboy menyumbang dua assist dan satu gol pada pertandingan ini, yang terakhir tentu saja beberapa pemain Bayern yang bermain untuk timnas Jerman, diantaranya adalah Neuer, Lahm, Badstuber, Boateng, Schweini, Kroos dan Mueller yang sayangnya harus menerima hasil seri 4-4 setelah sebelumnya unggul 4-0.
Formasi Bayern menghadapi Fortuna Düsseldorf
Well, dengan tren yang baik di Bundesliga, Bayern tidak boleh melepas partai melawan tim promosi ini, namun Bayern tidak boleh sedikitpun meremehkan kekuatan tim lawan. Pelajaran dari Belarussia saat menghadapi BATE mungkin bisa banyak berarti ke depannya termasuk saat menghadapi Fortuna Düsseldorf, mengingat lawan yang satu ini pasti menggunakan taktik parkir bus yang mana taktik lawan seperti ini pasti menyulitkan Bayern dalam mencetak gol.
Bayern akan menggunakan amunisi yang terbaik pada weekend nanti, sekaligus menggunakan kembali jasa Alaba yang sudah comeback dan bermain baik pada laga internasional kemarin, berikut adalah perkiraan formasi Bayern:
4-5-1: Neuer (GK) – Lahm (B) – Boateng (B) – Dante (B) – Alaba (B) – Schweini (M) – Gustavo (M) – Mueller (M) – Kroos (M) – Ribery (M) – Mandzukic (F)
Kira – kira demikian ulasan saya mengenai pertandingan Bayern weekend nanti, untuk skor pertandingan sepertinya Bayern akan menang dengan skor telak, prediksi saya 4-0 untuk Bayern.
Catatan: Pertandingan ini tidak disiarkan oleh Indosiar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s