Menilik Kebijakan Transfer Pemain FC Bayern


 

Lagi-lagi, mengantisipasi kedatangan Pep Guardiola, yang dikabarkan akan membawa sejumlah pemain top ke Bayern membuat sebagian fans gusar. Gusar setidaknya karena dua hal: pertama, merasa Bayern tidak perlu membuang-buang uang karena skuad yang ada sudah kuat dan yang kedua, khawatir juga perombakan tim akan mengganggu stabilitas yang sudah ada. Apalagi kalau yang “dibuang” adalah pemain-pemain Jerman atau bahkan asli Munich.

Tapi mari coba kita lihat transfer pemain Bayern setidaknya pada beberapa tahun belakangan untuk menetralisir kegelisahan yang berlebihan. Bukan hal yang aneh bagi Bayern mendatangkan pemain top dan mahal. Sebut saja, Ribery (2007), didatangkan dari Marseille senilai 26 juta euro. Saat itu, nilai tersebut menyamai rekor pembelian termahal di Bundesliga. Lalu, Bayern juga mendatangkan Mario Gomez dari Stuttgart dengan nilai tinggi dan memecahkan rekor saat itu (sekitar 37 juta USD) dan terakhir tentu saja, rekor transfer ketika mendatangkan Javi Martinez. Satu hal yang pasti, manajemen Bayern bukanlah kumpulan orang-orang bodoh, apalagi dalam hal mengelola finansial. Sudah 20 tahun, Bayern tak lagi berhutang. Artinya, kalaupun Bayern menyediakan dana segar bagi Pep untuk belanja di musim panas nanti, pasti jumlahnya sudah dihitung dengan baik.

Perlu diingat, Bayern juga seringkali cermat dalam mendatangkan pemain berkualitas oke dengan harga yang cukup miring, sebut saja Dante, Shaqiri, Mandzukic dan untuk musim depan, Kirchhoff bahkan sudah pasti akan berlabuh dengan status free transfer. Pemain-pemain muda potensial juga disiapkan untuk masuk ke skuad utama dalam beberapa tahun ke depan, seperti Hojbjerg dan Weiser.

Terakhir, Bayern punya akademi sepak bola junior yang tergolong sangat baik, salah satu yang terbaik di dunia. Dan Sammer punya concern serta tugas untuk memastikan pendidikan pemain junior yang mumpuni di Bayern. Dan saya yakin Sammer pasti akan berkeras untuk memasukkan satu-dua nama pemain junior ke tim utama setiap tahunnya.

Jadi, kita nantikan saja Juli nanti siapa yang benar-benar akan dibawa Pep ke Bayern. Sebagai pelatih, dia tentu tahu mana yang diperlukan untuk skuadnya. Dan saya yakin juga, ketika manajemen Bayern memberi approval untuk mendatangkan pemain baru dengan budget tertentu, hal itu berarti sudah melewati berbagai pertimbangan matang.

All the best for FC Bayern!!! Mia San Mia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s