Mengunci Gelar Juara Jerman ke-23


 

12 Juni 1932. Bayern menjuarai kompetisi sepak bola Jerman untuk pertama kalinya. Waktu itu format kompetisi belumlah disebut Bundesliga. Di final, Bayern mengalahkan Frankfurt dengan skor 2-0.

[youtube_sc url=”http://www.youtube.com/watch?v=-lfT7ignXgc”%5D

Kali ini, Bayern bisa kembali menjadi juara sepak bola Jerman jika bisa mengalahkan lawan yang sama, Eintracht Frankfurt, tak peduli apapun hasil yang diraih oleh runner up sementara, Dortmund. Kemungkinan lainnya adalah jika Dortmund gagal menang atas Augsburg, maka Bayern meski kalah sekalipun akan tetap menjadi juara Bundesliga akhir pekan ini.

Pertandingan lawan Frankfurt sendiri jelas bukan perkara mudah, setidaknya karena beberapa hal:

1. Rotasi Pemain

Bagaimanapun juga, Jupp tentu akan mempertimbangkan untuk memainkan beberapa pemain “pelapis” dalam laga ini guna mempersiapkan diri menghadapi second leg melawan Juventus. Nama-nama seperti Rafinha, Contento, Shaqiri dan Tymo bisa saja masuk menjadi starter. Di depan, Mario Gomez sepertinya akan dijadikan pilihan pertama Jupp kali ini. Meski demikian, tetap secara umum kualitas pemain Bayern masih di atas Frankfurt.

2. Motivasi Frankfurt

Frankfurt saat ini berada di posisi lima klasemen Bundesliga dengan raihan 42 poin, hanya berselisih tiga poin dengan penghuni klasemen nomor 6 dan 7, yaitu Mainz dan Freiburg. Di bawah mereka, dengan 38 poin, ada Gladbach dan Hamburg yang siap untuk menyalip klub-klub di atasnya dan masuk ke zona Europa League. Frankfurt jelas ingin mengamankan posisinya di zona Eropa, malah kalau bisa menembus kualifikasi UCL yang selisih poinnya hanya enam saat ini. Sebuah defisit yang secara matematis masih sangat mungkin untuk dikejar.

3. Kuat di Kandang

Frankfurt sudah melakoni 13 laga kandang musim ini dan mampu meraih 7 kali kemenangan, 3 kali imbang dan 3 kali kalah. Performa mereka cukup bagus di kandang, meskipun secara overall, 5 penampilan terakhir mereka bisa dibilang tidak konsisten. Mereka imbang dua kali, kalah dua kali dan hanya menang sekali.

Javi Martinez, didampingi penterjemah saat konferensi pers pertandingan vs Frankfurt

 

Ya, gelar juara sudah di depan mata. Namun yang jelas, kalaupun pekan ini definitif juara, Bayern tak akan langsung menggelar selebrasi besar-besaran. Kalau kata Javi Martinez: “We’ll hold a suitable party at a later date.” Direktur olahraga Bayern, Sammer, juga tegas mengatakan bahwa mulai hari Sabtu jam 6 sore (waktu setempat), Bayern sudah harus fokus untuk menghadapi Juventus.

Sayangnya, kita tidak bisa menyaksikan laga ini secara live di TV lokal besok. Jadi buat yang mau nonton, harus live streaming ya🙂

Tetap semangat, salam #23😀

Mia San Mia. Mia San Meister.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s